Libur Lebaran Nggak ke Mana-mana? Mobil Tetap Harus Dimanjakan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Kamis, 20 Mei 2021 08:18 WIB
Cuci mobil
Cuci mobil. Foto: shutterstock
Jakarta -

Libur Lebaran kerap kali dimanfaatkan masyarakat untuk bepergian. Namun, pandemi COVID-19 yang masih melanda membuat kita harus tetap di rumah saja. Kendaraan pun terparkir di garasi tak terpakai selama libur Lebaran.

Ketika tak digunakan saat libur Lebaran, mobil Anda juga perlu dimanjakan. Menurut Hariadi, Asst. to 4W, 2W & Marine Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), ada beberapa hal sederhana yang dapat dilakukan ketika merawat mobil sendiri tanpa perlu dibawa ke bengkel. Apa saja?

1. Membersihkan Mobil

Membersihkan eksterior maupun interior mobil tentu penting untuk menjaga penampilan dan kenyamanan saat berkendara. Pemilik mobil disarankan mencuci kendaraannya minimal dua minggu sekali. Keluarkan barang-barang yang tak diperlukan dan jaga kabin agar tak ada sampah di dalam mobil.

Untuk mencuci mobil, gunakan sabun cuci khusus mobil saat mencuci dan gunakan lap yang halus agar tidak merusak cat. Hindari mencuci mobil di bawah terik sinar matahari karena dapat merusak cat mobil.

2. Rutin Memanaskan Mesin Mobil

Meski tidak digunakan untuk berpergian jauh saat libur lebaran, mesin mobil perlu sesekali dipanaskan agar oli dapat bersikulasi dengan baik. Namun, karena mobil saat ini sudah dilengkapi dengan ECU yang dapat mengoptimalisasi kerja mesin, mobil tidak perlu dipanaskan setiap hari. Paling tidak, kalau mobil tidak digunakan, panaskan minimal dua hari sekali. Memanaskan mesin mobil pun tidak perlu terlalu lama, hanya sekitar 5-10 menit.

3. Cek Komponen Mobil

Saat memanaskan mobil sambil menghidupkan mesin, jangan lupa juga untuk memperhatikan apakah terdapat indikator komponen bermasalah yang menyala di Multi-Information Display (MID). Selain itu, lakukan pemeriksaan komponen lain secara manual seperti air radiator, volume air wiper pada tangki cadangan, volume minyak rem, kondisi ban, lampu kendaraan, dan kelengkapan surat-surat kendaraan.



4. Bawa Mobil Berkendara

Pemilik kendaraan disarankan untuk tidak membiarkan mobil terparkir dalam waktu yang lama. Sesekali bawa mobil berkendara setidaknya 10 menit sekali setiap dua hingga tiga hari. Membawa mobil berkendara ini perlu dilakukan agar mobil dapat melakukan pengisian aki dengan lebih maksimal. Aki yang berkualitas dan terawat memiliki daya simpan tenaga listrik yang lebih baik sehingga dapat menghindari soak yang bisa merusak program ECU, serta menjaga bagian kontrol sistem elektronik tidak terkunci yang dapat menyebabkan mobil sulit distarter. Selain itu, sesekali membawa mobil berkendara juga dapat menghindari terbentuknya flat spot atau deformasi ban yang disebabkan beban kendaraan terlalu lama bertumpu pada satu titik ban saat parkir.

"Melakukan perawatan mobil sendiri tentu menjadi tanggung jawab pemilik kendaraan. Perawatan bertujuan untuk menjaga mobil dalam kondisi prima. Sehingga saat beraktivitas kembali, kita tidak perlu khawatir ada masalah dalam perjalanan," kata Hariadi.



Simak Video "Review Suzuki GSX-R 150 2018, Worth It?"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)