3 Tips Perawatan Mobil 'Gampil' untuk Para Perempuan

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 22 Apr 2021 11:51 WIB
Vitarti Girl’s Team driver Rocio Migliore, back to camera, arrives at pits and is embraced by friends to celebrate her second-place finish at the Oscar y Juan Galvez track in Buenos Aires, Argentina, Sunday, April 4, 2021. The racing team exclusive to females took part in the Top Race Junior series, a national competition, in Argentina for the first time. (AP Photo/Natacha Pisarenko)
Ilustrasi Foto: AP/Natacha Pisarenko
Jakarta -

Masih dalam suasana memperingati hari Kartini pada 21 April, kini sudah tidak ada lagi bagi perempuan yang merasa di bawah bayang-bayang para laki-laki. Begitu juga soal berkendara hingga servis mobil, karena para pabrikan pun sudah memberikan pelayanan yang sama sehingga bisa lebih memudahkan pengendara perempuan.

Nah kali ini ada tips and trick merawat kendaraan dengan sangat mudah, bisa dilakukan di rumah dan tetap bisa menjamin para perempuan nyaman saat berkendara.

Seperti yang disampaikan head of Marketing & Promotion Strategy Section PT MMKSI, Tegar Ardisura Raharja, yang menilai saat ini sudah banyak perempuan yang memilih kendaraan pribadi untuk bisa beraktivitas, untuk itu perawatan sederhana sebelum berkendara perlu dilakukan.

"Ada 3 tips and trick pengecekan kendaraan yang bisa dilakukan para Kartini Indonesia sebelum berkendara, yaitu tips engine room, tire and heat the engine (panaskan mesin mobil) dan tips cabin care," ucap Tegar.

Tegar menjelaskan untuk tips pertama yakni engine room, ada 3 cara mudah yang bisa dilakukan para perempuan yaitu dengan melakukan pengecekan pelumas mesin, pengecekan radiator coolant level dan check battery atau accu.

Mobil kotor karena tikusIlustrasi mesin Foto: Zing

"Setelah memanaskan mesin tarik batang oli mesinnya, selanjutnya dilihat level, kalau di bawah normal ditambah saja. Pastikan penambahannya menggunakan pelumas yang sama, namun jika penggunaan pelumas sudah cukup lama lebih baik datang ke diler resmi untuk melakukan penggantian. Selanjutnya para pengendara perempuan juga harus mengecek radiator coolant level dan baterai atau accu, agar lebih nyaman saat berkendara," ucap Tegar.

Tips kedua yang bisa dilakukan pengendara perempuan di rumah ialah, melakukan pengecekan ban dan heat engine.

"Pemeriksaan selanjutnya mengenai tekanan angin. Mengecek tekanan angin bisa dengan sangat mudah dilakukan saat ini cukup membeli pengisian angin portable yang dihubungkan ke ban maka dengan sangat mudah berapa tekanan angin dan bisa mengisi angin sendiri jika diperlukan. Selanjutnya jangan lupa memanaskan mesin terlebih dahulu," ujar Tegar.

Tips terakhir yang bisa dilakukan para perempuan dalam merawat kendaraan mobil ialah dengan menerapkan sistem cabin care.

"Tips terakhir, jangan lupa untuk terus membersihkan cabin mobil dan menggunakan anti bacterial treatment untuk menghindari virus dan bakteri yang masuk ke dalam kabin mobil," tutup Tegar.



Simak Video "Jangan Asal! Ini Cara Memoles Mobil yang Tepat"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/rgr)