Ban Mobil yang Kedaluwarsa Masih Boleh Dipakai?

Tim detikcom - detikOto
Minggu, 28 Mar 2021 20:47 WIB
Velg mobil bisa pecah gara-gara tekanan angin ban kurang
Cara mengetahui masa kedaluawarsa ban mobil. Foto: Auto2000
Jakarta -

Ban merupakan komponen penting pada mobil karena langsung bersinggungan dengan permukaan aspal. Seperti suku cadang lainnya, ban mobil tentunya juga memiliki masa kedaluwarsa. Tapi ban mobil yang sudah kedaluwarsa bukan berarti tidak boleh digunakan lho.

Dikutip dari Auto2000, masa kedaluwarsa ban bisa di dilihat dari kode angka yang tercantum di dinding ban. Kode produksi di ban mobil bisa menandakan habisnya masa jaminan ban dari pihak pabrikan kepada konsumen.

"Biasanya masa jaminan itu akan hangus dalam masa lima tahun sejak ban tersebut diproduksi. Contoh bila ada kode produksi '0414', artinya pada minggu keempat di 2014 ban tersebut dibuat. Dan di bulan April 2019, masa berlaku garansi ban tersebut sudah habis karena usianya sudah lebih dari 5 tahun di bulan Januari 2019 silam," tulis Auto2000.

Namun yang perlu diperhatikan, ban yang kedaluwarsa bukan berarti tidak boleh dipakai lagi. "Asalkan selalu menjaga kondisi ban, maka tidak masalah (menggunakannya terus), meski masa jaminan dari telah habis."

Lantas, bagaimana cara menjaga agar ban tetap layak pakai meski masa garansi ban sudah habis?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan, yakni selalu memeriksa tekanan angin ban agar selalu dalam kondisi ideal sesuai rekomendasi pabrikan, kemudian periksa kedalaman alur ban, merotasi ban, memeriksa tutup pentil ban, hingga memeriksa kondisi pelek.

Selain itu selalu rutin melakukan spooring dan balancing. Spooring dilakukan untuk mengatur keselarasan kaki-kaki mobil. Suspensi yang baik akan meringankan kerja ban dan memudahkan pengendalian. Sementara balancing membuat putaran ban pada pelek tetap stabil dan membuat mobil dapat bergerak aman saat kecepatan tinggi tanpa khawatir terjadi sesuatu pada ban.



Simak Video "Ban Mobil Disobek, Nikita Mirzani Jadi Lebih Hati-hati"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)