Mundur di Tol Berakhir Nahas, Lakukan Ini Saat Pintu Keluar Terlewat

Tim detikcom - detikOto
Selasa, 23 Mar 2021 12:18 WIB
Minibus ditabrak truk di Tol Cikampek
Foto: Minibus ditabrak truk di Tol Cikampek (Dian/detikcom)
Jakarta -

Kecelakaan yang menimbulkan korban kembali terjadi di Tol Cikampek. Sebuah minibus ditabrak truk kontainer lantaran minibus tersebut berniat mundur karena salah jalan.

Kecelakaan yang menewaskan satu orang ini terjadi ketika minibus melaju dari arah Cirebon menuju Jakarta. Di TKP, sopir salah jalan yang seharusnya mengambil arah ke Bandung, malah ke arah Jakarta. Sopir minibus, Irin Sahirin mengatakan dirinya membawa mobil ke pinggir atau bahu jalan dan menyalakan lampu hazard.

"Saya minggir dan udah di bahu jalan, mau lanjut jalan atau mundur saya nyalakan lampu bahaya (lampu hazard). Tiba-tiba truk kontainer dari belakang jeger nabrak," ujar Irin Sahirin, Sopir minibus.

Peristiwa kecelakaan ini terjadi Senin (22/3/2021) sekitar pukul 19.15 WIB. Truk yang melaju di lajur satu menabrak bagian belakang minibus itu, sopir kaget dan banting stir yang menyebabkan bagian belakang truk menghantam mobil tersebut. Akibat kecelakaan minibus ditabrak truk kontainer ini satu orang dinyatakan tewas.

Praktisi keselamatan berkendara yang juga yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menegaskan sangat bahaya jika pengemudi membawa mobil mundur di tol karena pintu keluar tol terlewat.

"Bahu jalan tol bukan buat mundur," kata Sony kepada detikcom, Selasa (23/3/2021).

Menurutnya, ketika jalur atau pintu keluar tol sudah terlewat, pastikan balik arah di tempat yang aman. Adapun tempat putar arah paling aman adalah di pintu keluar tol berikutnya.

"Mundur berisiko tinggi tertabrak, karena arahnya berbeda di jalur yang sama," ucapnya.

"Keluar di pintu berikutnya lebih jauh, tapi fix lebih aman," tegas Sony.

Selain itu, Sony juga mewanti-wanti setiap pengendara untuk melakukan perencanaan perjalanan sebelum berangkat. Sehingga segala halnya bisa diantisipasi.

Sony juga menyarankan, biasakan pula melaju di lajur kiri agar mudah membaca rambu atau petunjuk arah.



Simak Video "Minibus Ditabrak Kontainer Akibat Salah Jalan di Tol Cikampek"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)