Bingung Memilih Velg Mobil, Ketahui Dahulu Cara Pembuatannya

M Luthfi Andika - detikOto
Selasa, 09 Mar 2021 15:59 WIB
Velg HSR
ilustrasi Velg Foto: dok. HSR
Jakarta -

Banyak pengendara hanya memilih velg berdasarkan desain tanpa mengetahui bagaimana cara pembuatannya. Padahal jika detikers mengetahui cara pembuatan velg, otomatis akan lebih memudahkan melakukan pemilihan berdasarkan kualitas.

Commnity Manager HSR Wheel, Aldhy Rais menjelaskan berdasarkan cara pembuatan pada dasarnya velg mobil terbagi jadi tiga jenis. "Ada 3 jenis cara pembuatan velg, di antaranya velg casting, velg flow forming, dan velg forged," ujar Aldhy.

Apa saja perbedaannya, ya? Aldhy menjelaskan satu persatu akan perbedaan pembuatan ketiga velg tersebut.

Untuk velg casting, sesuai namanya velg casting adalah pelek yang dibuat dengan cara dicetak. Cara pembuatan velg jenis ini dibagi jadi dua, yaitu gravity casting dan low presure casting. Pembuatan velg casting ialah dengan melelehkan material velg menjadi cairan. Material tersebut dituang ke cetakan yang sudah dibentuk. Casting merupakan metode pembuatan velg paling umum. Biaya produksi lebih murah dan waktu pembuatan lebih singkat. teknik ini bisa dilakukan sekaligus untuk banyak velg.

Untuk jenis velg Flow formed, dijelaskan pengertian flow forming ialah proses pembuatan velg. Merupakan salah satu pengembangan dari jenis casting. Velg flow forming dibuat melalui beberapa tahap, dimulai melalui proses cetak kemudian ditekan dengan roller dan ditarik menggunakan mesin sehingga menjadi sebuah velg. Velg casting setengah jadi kemudian dibentuk lagi bagian pinggirnya. Dengan cara ini kepadatan materialnya pun lebih baik. Durabilitasnya 20% lebih kuat dibanding casting. Lebih ringan dibanding casting namun lebih mahal dibanding casting.

Velg HSRVelg HSR Foto: dok. HSR

Selanjutnya untuk jenis velg Forged, jenis pembuatan velg ini dibuat dengan teknologi paling rumit. Materialnya berbentuk silinder padat. Material yang biasa digunakan adalah alumunium, karena kuat dan ringan sehingga cocok untuk bahan pembuatan velg. Cara pembuatannya yaitu alumunium padat tersebut dimasukkan ke dalam mesin dan dipanaskan kemudian dibentuk jadi velg. Dalam prosesnya velg ditekan (press) sehingga menghasilkan velg yang solid dan keras. Soal harga velg dengan jenis pembuatan ini lebih mahal karena banyaknya bahan baku yang tebuang saat proses menggunakan mesin CNC (mesin pembuat velg.

Dalam kesempatan yang sama, HSR Wheel jga menggelar lomba desain velg untuk Mazda Miata mulai 8-14 Maret 2021. Para peserta lomba Desain velg ini, bisa langsung mengunggah di feed instagram masing-masing dengan mencantumkan #HSRuntukMiata, memfollow dan tag akun @hsr_wheel dan @fitra.eri.

Pemenang akan diumumkan melalui akun Instagram HSR Wheel 21 Maret 2021. Dipilih 3 (tiga) orang pemenang untuk mendapatkan sejumlah hadiah special. Hadiah uang tunai mulai dari Rp 3 juta untuk juara ketiga, Rp 5 juta untuk juara kedua dan Rp 10 juta untuk juara pertama.



Simak Video "Perjalanan Istimewa ke Yogyakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)