Kenapa Servis Berkala Mobil Penting?

Tim detikcom - detikOto
Senin, 08 Mar 2021 20:31 WIB
Ingin tahu berapa angka emisi kendaraan roda empat Anda? Anda bisa mencoba uji emisi gratis di Bali. Tapi ini hanya berlaku untuk pengguna mobil Toyota yang menggunakan BBM Pertamina.
Ilustrasi servis mobil Toyota. Foto: Auto2000
Jakarta -

Pabrikan mobil menganjurkan pemilik untuk melakukan servis berkala kendaraannya. Biasanya, pihak dealer atau bengkel resmi akan menginformasikan ketika tiba waktunya servis berkala. Memang seberapa penting sih servis berkala mobil?

Dijelaskan Agung Wahyu Rahmanto, Kepala Bengkel Auto2000 Gianyar, Bali, servis berkala penting dilakukan agar riwayat perawatan mobil bisa tercatat dengan baik.

"Servis berkala adalah panduan pedoman dari pabrikan kepada setiap pemilik kendaraan untuk rutin melakukan perawatan secara periodik. Di servis pertama sangat penting. Karena selain kita memastikan komponen-komponen kendaraan sesuai dengan standar yang telah diservis, di sana juga akan dilakukan aktivasi warranty (garansi)," jelas Agung, dalam acara Tanya Auto, seperti dikutip dari lama Auto2000.

Maka dari situ sudah jelas, servis berkala wajib hukumnya dilakukan oleh setiap mobil. Hal ini demi menjaga kondisi mesin, suspensi, kelistrikan agar selalu optimal.

Servis berkala sendiri harus dilakukan setiap kelipatan odometer menyentuh 10.000 km. Namun jika kondisi jalanan yang sering dilalui cukup jelek, sering kena macet maka jarak tempuh bisa tak dijadikan acuan.

Secara teori, jarak tempuh 10.000 km bisa tercapai hanya dalam waktu 6 bulan saja. Namun faktanya, di kota besar bisa saja baru tercapai di atas 6 bulan akibat macet berkepanjangan.

Masalahnya saat mesin mobil menyala, komponen di dalam mesin bekerja sangat keras tanpa mendapatkan pendinginan yang baik serta kondisi mobil idle atau netral membuat campuran bensin dan udara tidak mendekati komposisi yang ideal. Jadi, jika mobil sudah dirasa tidak nyaman digunakan, maka tidak ada salahnya membawanya ke bengkel untuk mendapatkan perawatan.



Simak Video "Intip Kemewahan 2 Varian Terbaru BMW Seri 5"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)