4 Cara Mudah Merawat Transmisi Mobil Manual

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Minggu, 07 Mar 2021 08:48 WIB
transmisi manual
Cara mudah merawat mobil bertransmisi manual. Foto: detikOto
Jakarta -

Sebagai pemilik mobil tentunya kita perlu melakukan perawatan dan mengecek secara rutin bagian komponen di dalamnya. Hal untuk memberikan keamanan dan kenyamanan saat berkendara.

Seperti halnya merawat mobil manual, Anda perlu melakukan perawatan secara rutin dan mengecek kondisi transmisi. Karena komponen tersebut sangat penting ketika berkendara di jalan raya.

Merawatnya cukup mudah kok, mengutip dari laman Astra Toyota berikut ini sejumlah tips yang bisa Anda lakukan dalam merawat transmisi manual secara sendiri.

1. Gunakan Oli Transmisi Kualitas Baik

Untuk mempercepat serta memperhalus pengoperasian pada transmisi manual, sebaiknya Anda memilih tipe oli full sintetis dengan viskositas mencapai 75-90 W. Viskositas adalah nilai kekentalan pada oli. Nilai ini disimbolkan dengan angka, jika semakin tinggi angkanya maka semakin kental olinya.

Ciri-ciri dari pelumas yang baik adalah tekstur yang licin serta tahan panas, di mana penyusupan oli akan cepat merata ke setiap sisi transmisi sehingga memberikan proteksi pada transmisi lebih maksimal.

Apabila anda kurang melakukan perawatan pada transmisi mobil maka dapat menyebabkan kebocoran, sehingga membuat oli transmisi menjadi lebih cepat kering. Penyebab kebocoran biasanya berasal dari baut tempat pembuangan oli yang rusak akibat tidak ditutup rapat.

2. Melakukan Penyetelan Kopling yang Sesuai

Guna memperhalus dan mempercepat penggantian gigi pada mobil transmisi manual, sebaiknya Anda menyetel terlebih dahulu kopling. Karena jarak pedal kopling yang terlalu tinggi dapat merenggangkan jarak pada kopling dengan transmisi manual pada mobil.

Hal ini dapat menyebabkan perpindahan gigi menjadi kasar serta berat. Selain itu hindari juga meletakan kaki di kopling saat tidak digunakan agar kopling tidak cepat aus.

3. Mengganti Oli Transmisi Secara Berkala

Selain menggunakan oli dengan kualitas baik, penggantian serta perawatan oli juga perlu dilakukan secara rutin. Oli transmisi yang rutin diganti akan mengurangi friksi di sekitar transmisi mobil, serta penggunaan gigi akan terasa halus dan lebih mudah dipindahkan.

4. Menggunakan Suku Cadang Berkualitas

Penggunaan suku cadang orisinil dapat mengurangi kerusakan lebih cepat. Dengan menggunakan produk yang asli kualitas lebih terjamin dan sudah melewati uji percobaan sehingga layak untuk digunakan.



Simak Video "Mengetes Transmisi Manual Mobil Sejuta Umat"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lua)