Dialami Pilot Athira Farina, Begini Cara Selamatkan Diri saat Mobil Terbakar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Rabu, 17 Feb 2021 18:35 WIB
Mobil yang Ditumpangi Pilot Cantik Athira Farina Terbakar
Mobil yang Ditumpangi Pilot Cantik Athira Farina Terbakar. Foto: Instagram @athirafarina.
Jakarta -

Pilot cantik Athira Farina mengalami kecelakaan. Mobilnya menabrak pohon dan terbakar. Peristiwa mobil terbakar sering kali terjadi. Bagaimana cara menyelamatkan diri?

Sudah banyak kejadian mobil terbakar. Untuk itu, praktisi keselamatan berkendara yang juga Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, menyarankan agar saat berkendara pastikan membawa alat pemadam api ringan (APAR). Dengan adanya APAR, pengguna kendaraan setidaknya meminimalisir api yang semakin membesar.

Sony menyarankan, saat ada indikasi mobil akan terbakar, kuncinya adalah jangan panik. Panik hanya membuat tindakan yang diambil salah dan pengemudi sulit mengendalikan mobil.

Sony menyarankan, saat ada asap atau pertanda mobil akan terbakar, sikapi dengan tenang. Mulai berhitung karena ada waktu 5-10 detik dengan mengurangi kecepatan kendaraan dan arahkan ke area yang relatif aman.

"Cara mengurangi kecepatannya yang paling mudah, tarik parking brake satu tanpa beban, biasanya bunyi terkunci klik, tarik lagi lebih tinggi di klik kedua, ketiga dan seterusnya sampai mobil berjalan pelan atau berhenti," ujar Sony kepada detikOto, Rabu (17/2/2021).

Yang kedua, pengemudi juga harus mementingkan penumpang yang ada di dalam mobil. Sony mengatakan, jika ada tanda asap atau pertanda mobil akan terbakar, beri tahu kepada semua penumpang.

"Info ke semua penumpang adanya gangguan berupa asap, suruh segera bersiap, melepas safety belt dan dengan aba-aba pengemudi untuk keluar dari kabin," ucapnya.

Setelah itu, coba padamkan api menggunakan APAR yang dibawa. "Memang APAR harus tahu cara penggunaannya dan itu harus di-coaching (dilatih)," tambahnya.

Sementara itu, dalam postingan Instagramnya, Athira Farina memperlihatkan dirinya yang terbaring di ranjang rumah sakit. Lehernya menggunakan penopang akibat kecelakaan ini.

"Kemarin aku kena musibah, aku mau cerita dikit tentang kejadian yang menimpa aku," tulis Athira Farina yang dia unggah beberapa jam lalu.

Kecelakaan terjadi di Nusa Penida, Bali. Namun, Athira Farina tak begitu tahu kronologinya. Infonya, mobil keluar asap saat melewati turunan dan tidak bisa dikendalikan. Mobil pun akhirnya menabrak pohon dan terbakar.



Simak Video "Honda Jazz Bawa Jeriken BBM di Parepare Meledak, Lalu Terbakar "
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)