Musim Hujan Datang, Begini Tips Merawat Wiper Mobil

Ilham Satria Fikriansyah - detikOto
Jumat, 05 Feb 2021 10:43 WIB
Bosch melalui Divisi Automotive Aftermarket (AA) baru-baru ini meluncurkan wiper flat-blade terbarunya, yakni Bosch Clear Advantage, yang memberikan performa unggul untuk mobil-mobil Asia bahkan di kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Diperkuat teknologi flat-blade dari Bosch,  wiper Bosch Clear Advantage ini menggabungkan pegas baja tunggal dan formulasi karet eksklusif yang menghadirkan distribusi tekanan yang merata ke seluruh bilah wiper dan kaca depan mobil.
Bagaimana menjaga dan merawat wiper mobil supaya bekerja dengan baik di musim hujan? (Bosch)
Jakarta -

Musim hujan menuntut kewaspadaan ekstra buat pengendata mobil. Salah satu faktor keselamatan dalam berkendara di tengah hujan adalah wiper. Wiper perlu dirawat dengan baik supaya tak menganggu perjalanan.

Apabila wiper mengalami kerusakan atau bekerja tidak optimal, tentu hal ini akan menyulitkan bagi para pengemudi. Bahkan bisa sangat membahayakan apabila berkendara di saat hujan deras.

Maka dari itu sangat penting menjaga komponen wiper agar tetap berfungsi dengan normal dan tidak cepat rusak. Apa saja hal yang bisa menjaga wiper dalam kondisi baik? Simak tipsnya di bawah ini.

Hal penting yang harus dilakukan dalam menjaga wiper mobil adalah selalu rutin membersihkan komponen wiper. Terutama jika menemukan beberapa bekas kotoran halus pada kaca, hal itu bisa diakibatkan wiper yang sudah kotor.

Untuk membersihkannya cukup mudah, sediakan kain yang telah dibasahkan dengan air dan bersihkan secara perlahan pada bagian bawah wiper. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran yang menempel, sehingga wiper dapat membersihkan kaca secara optimal.

Kemudian perhatikan juga karet pada wiper, pernah mengalami wiper yang sedang digunakan tiba-tiba menimbulkan suara berdecit? Bisa jadi hal tersebut dikarenakan karet wiper yang sudah menipis.

Usahakan juga mengganti karet wiper setidaknya dua kali dalam setahun. Hal ini dilakukan agar wiper selalu berfungsi dengan baik, tentunya agar kaca mobil tidak mudah baret karena adanya gesekan dengan karet wiper.

Perhatikan juga sisa air wiper mobil yang tersedia, selalu cek dan isi ulang kembali jika air sudah mulai habis. Jangan sampai ketika kaca ingin dibersihkan dengan wiper, namun air wiper ternyata kosong. Alhasil, kaca mobil jadi bertambah kotor dan semakin sulit melihat kondisi jalan.

Selalu periksa sekrup pada batang wiper mobil, pastikan sekrup tersebut dalam kondisi baik dan tidak kendur. Untuk memeriksanya, buka penutup sekrup yang berada pada ujung wiper. Apabila sudah mulai terlihat rusak dan kendur, segera ganti dengan yang baru agar wiper dapat digunakan dalam kondisi prima.

Pastikan juga untuk memarkir mobil pada tempat yang sejuk, karena jika terpapar langsung oleh sinar matahari secara terus-menerus akan membuat komponen wiper menjadi tidak elastis, sehingga saat digunakan wiper justru tidak berfungsi dengan normal. Demikian dikutip dari berbagai sumber.



Simak Video " Lebih Intim Dengan Honda CBR600RR "
[Gambas:Video 20detik]
(din/lua)