Agar Kejadian Bocah Terlindas Pemobil Tidak Terulang Lagi

Tim detikcom - detikOto
Jumat, 29 Jan 2021 17:23 WIB
Seorang bocah berusia 5 tahun sedang asik bermain di Kembangan, Jakarta Pusat. Namun tiba-tiba sebuah mobil yang sedang parkir hendak melaju dan menabrak si bocah hingga terlindas.
Bocah di Kembangan, Jakarta Barat, tertabrak dan terlindas mobil. Foto: Tangkapan Layar
Jakarta -

Kasus bocah kecil terlindas pemobil kembali terjadi. Seorang anak bernama Adelio (5 tahun) tertabrak dan terlindas mobil yang dikemudikan pria berinisial ZA di Kembangan, Jakarta Barat.

Apa yang sebaiknya dilakukan agar kecelakaan bocah terlindas mobil seperti itu tidak menjadi insiden yang berulang?

Instruktur Safety/Defensive Driving, Andry Berlianto mewanti-wanti kepada para pengemudi mobil lebih memperhatikan area blind spot atau titik buta sebelum memulai berkendara. Bila perlu, amati lingkungan sekitar, termasuk kolong mobil, sebelum masuk ke kendaraan.

"Pastikan dulu area clear dari potensi objek (baik benda hidup atau mati) dengan cara memaksimalkan penglihatan mata, baik melalui semua kaca spion, maupun cek visual fisik dengan gerakan kepala menoleh untuk mengcek lokasi ke sekeliling," kata Andry, kepada detikOto, Jumat (29/1/2021).

Setelah melakukan pengecekan secara visual, penting juga bagi pengemudi mobil untuk memberi isyarat suara agar objek di sekitar mobil menyadari keberadaannya.

"Setelah menyalakan mesin, lalu bunyikan klakson sebagai penanda kendaraan akan bergerak. Jangan lupa untuk tetap menjaga konsentrasi visual dengan cermat dan tidak diganggu aktivitas lain," sambungnya lagi.

Sementara dari sisi pengguna jalan, menurut Andry harus lebih sadar lagi terhadap potensi bahaya di dekatnya, agar bisa menjauh atau menghindar saat terjadi pergerakan yang aneh dari mobil di dekatnya.

Diberitakan sebelumnya, seorang anak yang sedang asyik bermain di Kembangan, Jakarta Barat, tertabrak mobil. Akibat kejadian itu, korban bernama Adelio (5 tahun) dilarikan ke rumah sakit.

Peristiwa itu terjadi di Jl Kembangan Selatan, Kembangan, Jakarta Barat, pada Kamis (28/1) sekitar pukul 12.30 WIB. Saat itu, mobil Honda CR-V bernopol B-8367-HB yang sedang parkir hendak melaju.

Saat itu ZA hendak memajukan mobil yang diparkir di pinggir jalan. Karena kurang hati-hati, ZA menabrak dan melindas Adelio, yang saat itu posisinya sedang jongkok.

"Kendaraan yang dikemudikan Saudara ZA yang sedang parkir dan akan bergerak maju, karena kurang hati-hati, menabrak anak yang sedang bermain," kata Kasat Lantas Jakarta Barat Kompol Purwanta saat dihubungi detikcom, Kamis (28/1/2021).

Akibat kejadian itu, korban tertabrak dan terlindas. Korban mengalami luka-luka akibat kejadian itu.



Simak Video "Nahas! Bocah di Kendari Terlindas Mobil saat Asyik Bermain"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)