Cara Aman Beli Mobil Bekas Secara Online

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 19 Jan 2021 19:25 WIB
Mobil baru diwacanakan mendapat insentif pembebasan pajak hingga 0 persen. Tapi kebijakan ini dikhawatirkan mengganggu kelangsungan bisnis pedagang mobil bekas.
Cara aman membeli mobil bekas secara online. Foto: Pradita Utama
Jakarta -

Situs online kini semakin dilirik oleh konsumen yang ingin membeli mobil bekas. Kerap menjadi pertanyaan, bagaimana jaminan keamanan atau kualitas dari mobil yang dibeli secara online. Berikut tips beli mobil bekas secara online.

Seperti dijelaskan General Manager Carsome Indonesia, Delly Nugraha, hal yang pertama harus dilakukan calon konsumen saat ingin membeli mobil bekas secara online adalah mencari informasi mengenai platform tersebut.

"Pertama, harus dicari tahu platform-nya terpercaya bukan abal-abal. Itu bisa dibuktikan dengan misalnya dia punya store fisik, dia punya pusat inspeksi, kemudian timnya juga memang ada, dan hotline atau call center-nya juga ada, dan website-nya valid," terang Delly, dalam diskusi virtual, Selasa (19/1/2021).

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah mencari komentar atau testimoni dari para pelanggan yang menggunakan platform jual beli tersebut. Hal ini untuk mengetahui seperti apa kualitas situs online yang ingin digunakan.

"Kedua, bisa searching di internet untuk mengetahui pengalaman orang lain dalam menjual atau membeli mobil secara online. Dari pengamatan, bisa cari tahu komentar, testimoni konsumen, apakah prosesnya ribet, pengalamannya banyak pahitnya atau buruknya," sambung Delly.

"Yang ketiga bisa mencari tahu, mana platform yang memberikan layanan end to end. Jadi ada platform online yang hanya mempertemukan penjual mobil dengan pembeli mobil," katanya lagi.



Simak Video "Gokil! Mobil Bekas Dimodifikasi Jadi Musala"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)