Bukan Sekadar Aksesori, Ini Fungsi Spoiler Pada Mobil

Luthfi Anshori - detikOto
Selasa, 08 Des 2020 08:52 WIB
Toyota New Agya
Spoiler belakang Toyota New Agya. Foto: Pool (Toyota)
Jakarta -

Spoiler merupakan salah satu fitur pada mobil. Terletak di ujung atap belakang, spoiler tampak seperti hiasan atau untuk mempermanis desain belaka. Tapi ternyata, spoiler mobil juga memiliki fungsi yang cukup penting lho.

Seperti dikutip dari laman Auto2000, spoiler yang ada pada mobil bertipe sedan, hatchback, atau minibus, bukan hanya untuk menambah kesan sporti. Setidaknya ada dua fungsi utama dari part bodi tersebut. Apa saja fungsi spoiler mobil?

1. Spoiler Membuat Mobil Jadi Lebih Aerodinamis

Spoiler bisa membuat kendaraan jadi lebih aerodinamis saat mobil digunakan pada kecepatan tinggi. Lekukan-lekukan pada spoiler mampu memberikan kestabilan lebih baik. Artinya, mobil dengan spoiler akan memiliki efek down force yang lebih baik.

Teorinya, semakin Anda membawa kendaraan dengan kecepatan tinggi, maka aliran angin yang cukup kencang akan membuat daya angkat mobil makin tinggi dan membuat bodi kendaraan limbung.

Namun, kalau di bagian atap atau belakang mobil sudah dipasangi spoiler, maka gaya angkat ini bisa ditekan. Spoiler mobil akan memberikan tekanan ke bawah untuk melawan gaya angkat sehingga kontrol mobil jadi lebih mudah dan stabil.

2. Bisa untuk Menangkis Kotoran dari Belakang

Tak hanya untuk meningkatkan performa dan keamanan, fungsi spoiler mobil pun bisa dipakai untuk menangkis kotoran atau partikel debu dari belakang.

Khususnya pada mobil jenis hatchback. Tipe kendaraan ini sering mengalami turbulensi udara di area belakang. Turbulensi juga mengakibatkan banyaknya debu yang berputar di sekitar.

Namun, dengan adanya spoiler, turbulensi dapat dikurangi dan lebih sedikit kotoran pada kaca belakang. Debu dan kucuran air hujan pun tak akan mudah menempel karena terhalang oleh spoiler.



Simak Video "Begini Rasanya CBR150R dengan Aura Big Bike"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)