Tips Berkendara Aman di Malam Hari

M Luthfi Andika - detikOto
Jumat, 27 Nov 2020 18:50 WIB
Pengendara melintasi ruas jalan Tol Jakarta-Cikampek, di Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (10/6). Memasuki H-5 Idulfitri 1439 H kendaraan pemudik yang melintasi ruas tol Cikopo terpantau ramai lancar. ANTARA FOTO/Risky Andrianto/kye/18
Ilustrasi berkendara di malam hari Foto: ANTARA FOTO/Risky Andrianto
Jakarta -

Terkadang kita sebagai pengendara tidak lepas dari berkendara malam hari. detikOto pun ingatkan agar setiap pengendara tidak meremehkan berkendara di malam hari, karena bisa dipastikan berkendara di malam hari sangat berbeda dibandingkan di siang hari.

Lalu bagaimana sih cara berkendara di malam hari yang benar. Berikut tips berkendara yang disampaikan dalam situs resmi Toyota Astra Motor, bagaimana persiapan dan apa yang harus dilakukan kita sebagai pengendara saat berkendara di malam hari.

1. Persiapan Mobil

Pastikan mobil selalu ready buat melakukan perjalanan di malam hari. Lampu depan, lampu belakang, lampu indikator berfungsi dengan baik. Begitu juga dengan mesin mobil, rem, ban-ban termasuk ban serep, dongkrak, segitiga pengaman, accu, harus dalam kondisi yang baik dan siap digunakan. Selanjutnya yang kerap dilupakan ialah membersihkan kaca-kaca mobil baik luar maupun dalam.

2. Ketepatan Arah Lampu Depan

Pastikan lampu depan arahnya tepat agar tidak bikin silau pengendara lain, selain itu jangan mengganti lampu dengan tipe yang bisa bikin silau pengendara lain meskipun itu menurut kita lebih terang, tapi itu malah bisa bikin risiko kecelakaan.

3. Hindari Rokok dan Alkohol

Usahakan jangan merokok di mobil, karena nikotin dan karbon monoksida dari asap rokok bisa mengurangi kemampuan penglihatan di malam hari. Pastikan menyetir dalam keadaan sadar, sehat , tidak terpengaruh oleh obat-obatan, alkohol dan sejenisnya.

4. Nyalakan Lampu Jauh Jika Diperlukan

Jika ragu ada "sesuatu" di depan saat mobil kita melaju sendirian, nyalakan lampu jauh. Lampu jauh tidak hanya membantu kita melihat lebih jelas tapi juga membuat pengendara lain tahu kalo ada kendaraan kita walau dari kejauhan.

Kemacetan terjadi di Jalan Gatot Soebroto dan Tol Dalam Kota, Jakarta, Jumat (22/12). Kemacetan ini terjadi jelang libur Ntal dan tahun baru.lustrasi Kemacetan terjadi di Jalan Gatot Soebroto dan Tol Dalam Kota, Jakarta, Jumat (22/12). Kemacetan ini terjadi jelang libur Ntal dan tahun baru. Foto: Panji Al-hadromi

5. Perlambat dan Jaga Jarak

Saat malam hari, akan lebih sulit mengukur jarak mobil lain, oleh sebab itu lebih baik kurangi kecepatan dan tambah jarak dengan mobil di depan atau di belakang kita. Serta membuat persiapan jika terjadi pengereman mendadak.

6. Jangan Sembarangan Menyalakan Lampu Jauh

Jangan memasang lampu jauh jika melihat ada kendaraan dari depan, karena bisa buat silau pengemudi di depan. Selain juga jangan pasang lampu jauh saat kita di belakang kendaraan lain, karena kendaraan di depan kita bisa silau dari pantulan lampu di kaca spion.

7. Jika Silau karena Sorotan Lampu dari Kendaraan Lain Lakukan Hal Ini

Sering kita disilaukan oleh sorotan lampu kendaraan di depan kita, sebaiknya jangan pandang ke depan, tapi ke sisi kiri jalan untuk panduan arah agar kita tidak dibutakan oleh lampu. Tentu saja harus tetap dalam keadaan konsentrasi penuh.

8. Saat Parkir Mobil

Hindari parkir ditempat sepi, usahakan parkir mobil di tempat yang terang. Selanjutnya jangan meninggalkan barang berharga, atau barang-barang yang bisa terlihat dari luar kaca.

Detikers juga disarankan untuk terus melakukan periksaan dengan seksama dan pastikan mobil terkunci aman sebelum meninggalkan mobil. Tidak lupa, untuk terus melakukan periksaan jok belakang agar memastikan tidak ada barang yang tertinggal atau atau lain-lainnya.

9. Persiapkan diri

Terakhir detikers diingatkan untuk terus siap dalam keadaan apapun jika terjadi sesuatu. Jangan panik dan jangan sampe lupa bawa telepon selular karena saat terjadi sesuatu bisa memanggil bala bantuan.



Simak Video "Mobil Jarang Dipakai, Wajibkah Ganti Oli?"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)