Selasa, 27 Okt 2020 15:32 WIB

Menyiapkan Mobil untuk Liburan Panjang, 7 Komponen Ini Wajib Dicek

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Arus lalu lintas di Exit Tol Cileunyi, pada libur panjang ini terpantau ramai lancar. Tidak terjadi antrean kendaraan yang berarti. Libur panjang pakai mobil pribadi, pastikan dalam kondisi prima. Foto: Wisma Putra
Jakarta -

Akhir pekan ini terdapat libur panjang cuti bersama Maulid Nabi Muhammad SAW. Long weekend ini kemungkinan akan dimanfaatkan banyak masyarakat untuk berlibur.

Bepergian dengan mobil pribadi harus mempersiapkan segala hal. Salah satunya adalah mempersiapkan kondisi kendaraan itu sendiri. Head Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, mengatakan perjalanan jauh harus memperhitungkan faktor safety.

"Dari mesin dulu deh. Kita cek mesin. Harapannya mesin itu prima, mesin itu sudah siap. jadi kalau misalnya udah lama nggak diservis sebaiknya dicek. Misalnyaolinya dulu, oli udah berapa kilometer atau udah berapa bulan nggak ganti oli? Sebaiknya ganti oli, itu satu paket oli sama filterolinya," ujarDidi kepadadetikcom, Selasa (27/10/2020).

Menjadi mobil idaman yang cocok mengankut keluarga, Toyota Innova justru dikoprek untik menjadi lebih cepat. Sektor mesin diutak-atik agar mesin menjadi 'buas' dari sebelumnya.Cek kondisi mesin sebelum melakukan perjalanan liburan panjang cuti bersama di akhir pekan ini (CNN Indonesia/Rayhand Purnama Karim JP)

Selain itu, cek juga cairan-cairan yang ada di ruang mesin seperti minyak rem, air radiator, fluida power steering kalau masih menggunakan, oli transmisi otomatis, air aki jika masih pakai aki konvensional, hingga air wiper.

"Terus yang pasti yang kelihatan, ban. Tekanan angin ban, termasuk ban serep jangan lupa tuh. Karena tekanan angin ban serep kalau nggak diperhatiin kadang lupa kan kempes, angin lama-lama bisa menyusut," katanya. Memastikan tekanan angin ban serep berguna jika terjadi ban kempis sehingga membutuhkan ban serep. Jadi, ketika dibutuhkan, ban serep sudah siap.

Didi juga menyarankan untuk mengecek fungsi rem. "Mungkin nggak bisa dilakukan sendiri, kalaupun dilakukan sendiri harus buka pelek untuk melihat ketebalan kampas remnya," sebut Didi.

Setelah itu, periksa juga sistem kelistrikan. Pastikan lampu-lampu seperti lampu jauh, lampu dekat, lampu sein, lampu kabut, sampai lampu rem berfungsi dengan baik. "Lampu-lampu menurut saya (kondisinya) harus bagus karena perjalanan jauh," ucap Didi.

Roda dan Rem MobilRoda dan Rem Mobil perlu dicek juga sebelum liburan panjang cuti bersama Foto: Dadan Kuswaraharja

Libur panjang akhir pekan ini juga akan dihadapi potensi hujan. Untuk itu, Didi menyarankan agar pengendara memastikan kondisi wiper dalam keadaan bagus.

"Karet wiper itu lama-lama jadi keras, nggak elastis. Konturnya nggak bisa menyatu dengan permukaan kaca tuh. Karena keras, bisa jadi dia menyapunya jadi nggak bersih. Jadi malah mengganggu pemandangan, jadi berantakan itu sapuannya," katanya. Kalau sudah dalam kondisi seperti itu, sebaiknya ganti wiper untuk memaksimalkan perjalanan.

Bagian interior pun tak kalah penting untuk dicek. Misalnya AC untuk penunjang kenyamanan. AC yang tidak dingin juga akan mengganggu visibilitas karena kaca mobil bisa mengembun. "Karena kan suhunya berbeda di kabin dnegan di luar, bisa jadi mengembun kan," sebut Didi.

"Kalau misalnya udah paling dingin masih merasa kurang dingin ya sebaiknya melakukan pemeriksaan dulu AC, ke bengkel," saran Didi untuk memastikan kenyamanan perjalanan.

7 Komponen yang wajib dicek sebelum melakukan perjalanan jauh dengan mobil:

  1. Kondisi Mesin
  2. Cairan-cairan ruang mesin
  3. Ban
  4. Rem
  5. Sistem Kelistrikan
  6. Wiper
  7. AC


Simak Video "Ada Libur Panjang Akhir Oktober, Jokowi Tak Ingin Kasus Corona Naik!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com