Salah Banget, Teknik Tempel Stiker Mobil atau Motor Pakai Api Korek

M Luthfi Andika - detikOto
Kamis, 22 Okt 2020 18:03 WIB
Biar nggak bosan, Otolovers bisa memodifikasi tampilan eksterior motor dengan mengganti warna bawaan pabrik. Pilihannya bisa dengan mengecat ulang (repaint) atau mengaplikasikan stiker (decal).
Ilustrasi stiker mootor (Rey Decal)
Jakarta -

Kalau ada yang ingin permak bodi mobil atau motor dengan memasang stiker mobil supaya punya tampilan berbeda, detikOto ingatkan nih jangan pernah menggunakan korek untuk merekatkan lapisan stiker. Satu hal yang pasti, hasilnya tak akan sempurna.

"Menempelkan stiker untuk lebih erat dengan menggunakan korek itu salah," ujar punggawa Boomboomcar, Iwa Irwanhadi (42) kepada detikOto.

Salahnya menggunakan korek sebagai alat untuk bisa merekatkan stiker pada bodi mobil karena suhu yang didapatkan tidak akan sama. "Suhu yang nanti didapat dengan korek berbeda dengan menggunakan pemanas headgun, suhu panas yang tepat dan merata bisa membuat stiker bisa lebih diatur," ujar Iwa.

"Dan pasti area yang menggunakan korek untuk merekatkan stiker pada bodi satu dengan bodi yang lain beda, artinya ketahanan menggunakan korek dengan headgun pasti beda hasilnya," ucap Iwa.

Tahap selanjutnya untuk bisa membuat stiker kian melekat sempurna dan tahan lama, penggunaan alat yang disebut racle yang bisa meratakan lem stiker sangat diperlukan.

"Setelah itu stiker diratakan dengan menggunakan racle untuk meratakan stiker, karena tidak bisa menggunakan tangan agar stiker bisa merekat dengan rata. Terakhir proses finishing juga menjadi faktor penting untuk bisa meratakan permukaan stiker pada bodi kendaraan," kata Iwa.

"Proses finishing itu ada 2 cara, pertama, dengan laminasi satu cara bentuknya seperti stiker tapi bening dan menjadi lapisan yang ditaruh di atas stiker dan bentuknya mirip seperti tapi stiker bening dan di press. Finishing kedua ada itu proses menggunakan cairan bentuknya atau biasa disebut coating, itu seperti pernis yang disemprotkan ke permukaan stiker yang sudah diprint dan dipasangkan ke bodi," Iwa menambahkan.



Simak Video "Mobil Seruduk Kantor Polisi di London"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)