Selasa, 06 Okt 2020 06:45 WIB

Cara Menghilangkan Baret di Mobil, Bisa Dilakukan Sendiri Kok

Luthfi Anshori - detikOto
Cara menghilangkan baret di mobil Cara menghilangkan baret di mobil. (Daihatsu)
Jakarta -

Baret pada bagian bodi, meskipun kecil, membuat tampilan mobil jadi kurang sedap dipandang. Tapi untuk menghilangkan baret itu kadang pemilik merasa ogah-ogahan, sebab memoles bodi mobil yang baret biasanya perlu biaya besar dan waktu cukup lama. Tak harus selalu mengandalkan jasa bengkel perbaikan, Anda juga bisa kok menghilangkan sendiri baret di mobil. Gimana caranya?

Baretan pada bodi luar menjadi masalah yang sering ditemui pemilik mobil. Umumnya, baret atau goresan pada mobil bisa terjadi kapan saja, baik karena gesekan ranting, saat kendaraan hendak diparkir, kenakalan anak-anak, cakaran ayam atau kucing, dan lain sebagainya.

Lantas, bagaimana cara menghilangkan baret pada cat mobil ataupun sekadar menyamarkannya? Disadur dari laman Daihatsu, ada 5 langkah yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan baret di bodi mobil. Apa saja?

1. Pastikan Baretan Tersebut Benar-Benar Goresan

Sering kita jumpai goresan di mobil sebenarnya hanyalah segaris tonjolan atau biasanya debu yang menempel di bodi mobil. Maka, pastikan lebih dahulu. Jika benar goresan, langsung ambil tindakan. Tapi jika itu hanya debu, maka tinggal dilap saja dengan kain plais chamois (kanebo) basah.

2. Tentukan Kedalaman Goresan

Setelah memastikan bahwa goresan tersebut benar-benar harus diperbaiki, cari tahu kedalamannya. Hal ini akan menentukan tindakan yang nantinya akan diambil. Jika goresan tidak terlalu parah, maka Anda bisa melakukan tindakan selanjutnya. Jika parah lebih baik serahkan ke bengkel ketok magic.

3. Oleskan Kompon Poles

Untuk menghilangkan baret di bodi mobil, sebarkan kompon poles menggunakan bantalan pengilap ke sekitar bagian yang tergores. Kompon poles cukup ampuh menghilangkan goresan.

4. Cuci Bagian yang Diberi Kompon dengan Air

Selanjutnya, gunakan air bersih dan handuk untuk menghilangkan residu sisa kompon dari permukaan cat. Jika kompon masuk ke celah-celah, gunakan sikat gigi untuk membersihkannya.

5. Lakukan Berulang-ulang Hingga Goresan itu Hilang

Terus lakukan itu berulang kali sampai goresan hilang. Anda bisa menambahkan lilin-lilin carnauba berkualitas baik ke permukaan yang tergores itu. Dan pastikan semua goresan hilang, sehingga bagian yang diperbaiki tersebut jadi mengkilap kembali.



Simak Video "Perkenalkan! Xpander dan Xpander Cross Spesial Bernuansa Hitam"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com