Cara Mengatasi Power Window Macet

Rizki Pratama - detikOto
Senin, 05 Okt 2020 06:23 WIB
Power Window
Penyebab power window macet. Foto: Istimewa
Jakarta -

Power window sudah menjadi perlengkapan standar mobil penumpang yang dijual di pasar mobil Indonesia. Fitur ini memudahkan penumpang membuka tutup kaca hanya dengan satu tombol di samping pintu bagian dalam.

Berbeda dengan kaca mobil konvensional jaman dulu yang menggunakan tuas pemutar, power window jika macet akan terasa sangat menyebalkan. Kalau kaca mobil yang dibuka secara mekanis menggunakan tuas pemutar cenderung dapat dipaksakan apabila macet.

Sebetulnya anda tidak perlu panik dan pusing apabila power window macet. Di situs resmi Suzuki ada beberapa langkah yang dapat anda lakukan untuk keluar dari masalah power window macet. Berikut penjelasan masalah dan cara mengatasinya.


1. Saklar Rusak

Saklar atau tombol power window berbeda dengan saklar lainnya di mobil. Power window memiliki saklar yang lebih rumit karena dapat menerima tiga perintah, yakni window down, window up dan juga off.

Saklar power window dapat rusak apabila dalam frekuensi waktu yang sempit sering membuka tutup kaca. Saklar power window menjadi aus dan masa pakainya lebih cepat habis.

Jika masa pakai habis maka anda cukup mengganti saklarnya saja. Untuk memperpanjang masa pakai, hindari memencet saklar sering-sering dalam waktu singkat.

2. Motor Penggerak Aus

Power window menggunakan listrik yang artinya digerakkan oleh motor penggerak. Bagian motor listrik yang rentan rusak ini adalah brush atau sikat motor. Sikat tersebut fungsinya untuk menyalurkan arus listrik dari sumber asalnya menuju rotor motor yang berputar. Rotor yang selalu berputar, tentu ia akan terus bergesekan dengan brush.

Gesekan yang terjadi tersebut secara berangsur akan mengikis sikat motor. Brush akan menjadi aus dan penyaluran arus listrik tidak bisa dilakukan dengan baik. Akibatnya, motor akan macet dan kaca tidak bisa digerakkan.

Biasanya, kaca yang mengalami kemacetan hanya pada satu pintu. Dalam hal ini, jika power bagian depan yang kiri macet, Anda bisa mencoba untuk naik turunkan dengan saklar yang ada di sisi pengemudi. Jika kaca sama sekali tidak bergerak, berarti motornya yang mengalami kemacetan.

Namun, jika power windows macet, tapi kaca mobil bisa dinaik turunkan dengan saklar yang ada di sisi pengemudi, berarti saklarnya lah yang mengalami kerusakan.

Solusinya hampir sama ketika saklar mengalami kerusakan. Mobil harus mengganti brush yang aus. Namun, terkadang sulit mencari komponen brush sehingga bengkel resmi biasanya menyarankan agar mengganti satu set motor power window.

3. Rel Kaca Mobil Kotor

Bagian ini rentan terkena kotoran. Apabila rel kaca terkena kotoran, hal tersebut dapat mengganggu pergerakan kaca mobil. Biasanya akan timbul suara gesekan yang mengganggu telinga ketika masalah ini terjadi pada power window.

Jika dibiarkan dalam jangka panjang kotoran ini bisa memperparah kerusakan power window. Baik itu karena kotoran langsung atau karena motor bekerja lebih berat.

Supaya power window tidak rusak karena kotor, semprotkan spray silikon ke sela-sela rel kaca.



Simak Video "Motor Listrik Mengaspal di Kota Bandung"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/din)