Rabu, 23 Sep 2020 07:18 WIB

Pentingnya Merawat Kaca Mobil di Musim Hujan

Luthfi Anshori - detikOto
Bosch melalui Divisi Automotive Aftermarket (AA) baru-baru ini meluncurkan wiper flat-blade terbarunya, yakni Bosch Clear Advantage, yang memberikan performa unggul untuk mobil-mobil Asia bahkan di kondisi cuaca ekstrem sekalipun. Diperkuat teknologi flat-blade dari Bosch,  wiper Bosch Clear Advantage ini menggabungkan pegas baja tunggal dan formulasi karet eksklusif yang menghadirkan distribusi tekanan yang merata ke seluruh bilah wiper dan kaca depan mobil. IKaca depan mobil saat musim hujan perlu dirawat. Begini cara rawat kaca mobil. Foto: Bosch
Jakarta -

Musim hujan tiba, saatnya melakukan perawatan lebih terhadap mobil Anda. Tidak hanya mewaspadai komponen yang rawan karat, kaca mobil pun perlu dirawat agar visibilitasnya tetap baik saat digunakan berkendara di cuaca hujan.

Dikutip dari laman Daihatsu, ada 4 tips yang bisa Anda lakukan untuk memastikan pandangan mobil terlihat jelas meskipun sedang menembus hujan yang intensitasnya tinggi. Apa saja langkahnya?

1. Pastikan Kaca Jendela Mobil Terbebas Jamur

Jamur yang menodai kaca bisa mengganggu visibilitas pengendara, terutama di musim hujan. Tidak ada cara lain selain membersihkan atau mencegah agar jamur tak menempel di kaca depan. Caranya bisa dengan menggunakan obat pembersih jamur khusus atau dengan cara alternatif murah meriah semisal obat pembersih kaca akuarium. Bersihkan jendela mobil setidaknya sepekan sekali, bisa lebih sering jika setiap hari mobil terguyur hujan.

2. Menjaga Kekenyalan Karet Wiper

Pastikan karet wiper tetap kenyal. Jangan sampai karet wiper berbunyi nyaring karena terlalu melekat di kaca, atau sebaliknya tak mampu menghalau aliran air hujan dari atap ke jendela karena terlalu longgar. Jaga selalu kekenyalannya agar berfungsi maksimal. Tentunya ini bersifat pencegahan, caranya sangat mudah dengan mengoleskan cuka dengan campuran air 1 : 1. Bisa juga dengan cara mengoleskan silikon cair khusus karet wiper. Tindakan ini dapat memperpanjang usia karet wiper.

3. Pastikan Reservoir Wiper Tetap Terisi

Jangan biarkan tabung reservoir kosong. Selalu pastikan terisi penuh dengan air bersih atau cairan tambahan yang khusus untuk membersihkan kaca. Tapi jika terdesak, bisa menggunakan alternatif murah meriah yakni dengan mencampurkan sedikit air dengan sabun.

4. Mengoleskan Cairan Rain Repellent

Sering merasa pandangan terganggu padahal kaca sering dibersihkan? Solusi untuk membuat kaca depan mobil kembali kinclong bisa menggunakan rain repellent.



Simak Video "BMKG: 64 Persen Wilayah Indonesia Telah Masuk Musim Kemarau"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com