Senin, 07 Sep 2020 11:57 WIB

Viral Remaja Adang Truk dan Tertabrak, Mana Peran Orang Tua?

Rangga Rahadiansyah - detikOto
ilustrasi kecelakaan mobil dan truk, tabrakan Ilustrasi kecelakaan. (Andhika Akbaryansyah)
Jakarta -

Video kecelakaan truk akibat gerombolan remaja mengadang truk untuk mencari tumpangan viral di media sosial. Peristiwa yang terjadi di Bantar Gebang, Bekasi, itu memperlihatkan gerombolan remaja mencoba menyetop laju truk untuk mencari tumpangan.

Nahas, truk tak dapat mengerem dengan tepat. Salah satu remaja yang mencoba memberhentikan truk sampai terlindas.

Menurut praktisi keselamatan berkendara yang juga Instruktur & Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, ini merupakan tanggung jawab orang tua untuk mendidik anak agar paham keselamatan di jalan raya.

"Ini adalah kewajiban orang tua, orang-orang yang mempengaruhi mereka (guru dan lain-lain)," ujar Jusri kepada detikcom, Senin (7/9/2020).

Menurut Jusri, truk dengan bobot berton-ton membutuhkan jarak pengereman yang panjang. Untuk kecepatan 30 km/jam saja, truk dengan muatan 5-6 ton maka membutuhkan jarak sekitar 20 meter untuk mengerem. Semakin berat bobot truk, semakin panjang jarak pengeremannya.

"Ini merupakan satu garis highlight kembali kepada para pemangku jabatan dan stakeholder untuk bertanggung jawab mengedukasi kepada para keluarganya, anak-anaknya tentang arti keselamatan," ucap Jusri.

"Ini bisa menjadi pelajaran pemangku jabatan, stakeholder jalan raya lagi-labi bisa menegaskan bahwasanya sosialisasi tentang keselamatan di jalan itu harus menjadi tanggung jawab seluruh stakeholder. Yang menggerakkan pemangku jabatan, agar seluruh stakeholder mulai ayah, ibu, guru, kepala rumah tangga, kepala komunitas, korporasi, semua harus menaruh perhatian yang lebih untuk mensosialisasi atau mengedukasikan orang-orang yang dalam lingkaran mereka tentang pentingnya keselamatan," sebutnya.



Simak Video "Kecelakaan Truk di Tol Cipularang, 2 Orang Tewas!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com