Jumat, 17 Jul 2020 07:10 WIB

Jangan Remehkan Fungsi Penting Kaca Spion Mobil

Tim detikcom - detikOto
Spion Hujan Ilustrasi kaca spion mobil. Foto: detik
Jakarta -

Kaca spion menjadi perangkat yang wajib ada pada sebuah kendaraan bermotor. Kendati bentuknya kecil dan kerap disepelekan banyak pemilik mobil, kaca spion mobil memiliki fungsi yang teramat penting untuk membantu kelancaran berkendara.

Dikutip dari laman resmi Auto2000, kaca spion memiliki beberapa fungsi utama. Fungsi pertama adalah, mencegah terjadinya tabrakan saat akan pindah jalur.

"Saat akan memindah jalur, maka Anda sebagai seorang pengemudi wajib melihat spion. Dengan melihat spion, maka hal ini akan meminimalisir terjadinya kecelakaan dan juga tabrakan akibat berpindah jalur," tulis Auto2000.

Selain itu, kaca spion juga bisa membantu pengendara bermanuver saat parkir. Banyak terjadi insiden, pengemudi mengalami tabrakan atau senggolan ketika parkir tanpa memanfaatkan spion. Karena itu, kaca spion sangat penting fungsinya untuk manuver pada saat memarkir kendaraan.

Fungsi selanjutnya dari kaca spion adalah untuk melihat kondisi lalu lintas di belakang. "Terkadang, mengetahui kondisi lalu lintas di belakang kendaraan kita juga sangatlah penting. Dengan melihat kondisi lalu lintas di belakang, kita bisa tahu apakah posisi kendaraan yang kita kemudikan menghalangi kendaraan lainnya," sarannya lagi.

Kaca spion juga sangat membantu saat pengendara memundurkan kendaraan. Ingat, jangan pernah memundurkan mobil tanpa menggunakan bantuan dari kaca spion, apalagi jika mobil yang dikendarai belum memiliki fitur safety seperti sensor parkir.

Fungsi terakhir dari kaca spion adalah sebagai pedoman posisi kendaraan. "Terkadang saat mengendarai mobil, kita sering kesulitan untuk memastikan apakah kendaraan kita terlalu mepet atau tidak. Agar bisa mengetahui apakah kendaraan kita terlalu mepet atau tidak, maka Anda bisa melihat bagian sisi kendaraan Anda dengan memanfaatkan kaca spion. Anda bisa melihat apakah kendaraan anda terlalu mepet atau tidak".



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com