Rabu, 15 Jul 2020 10:11 WIB

6 Cara Cegah Penularan Virus Lewat Udara di Mobil

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ototest Toyota Avanza Kabin mobil dikhawatirkan menjadi media penularan virus Corona. Ini cara mencegahnya. Foto: Rengga Sencaya
Jakarta -

Virus Corona (COVID-19) memiliki risiko menular melalui udara. Sejumlah ilmuwan menyebut COVID-19 bisa menular lewat udara, terlebih di ruang tertutup.

Ruang tertutup seperti kabin mobil bisa menjadi media penularan virus Corona, apalagi jika menggunakan AC. Untuk itu, pemilik mobil disarankan agar tetap menjaga kebersihan kabin mobil agar tak ada virus yang menempel.

Dealer Toyota, Auto2000 memberikan beberapa tips untuk mencegah penularan virus Corona lewat udara di kabin mobil. Apa saja tipsnya?

Yang pertama tetap pakai masker di dalam mobil. Saat masa PSBB dan era kewajaran baru, memang masyarakat dituntut untuk selalu mengenakan masker. Di dalam mobil pun detikers tetap perlu menggunakan masker, terutama jika ada penumpang lain yang tidak serumah.

Kedua, bersihkan kokpit mobil. Sebelum melakukan perjalanan, disarankan agar membersihkan area kokpit mobil seperti dasbor, konsol tengah hingga panel pintu. detikers bisa menggunakan pembersih interior yang ramah lingkungan. Bersihkan juga lantai dan karpet di bagian penumpang depan karena udara dari wilayah tersebut yang dimanfaatkan oleh sistem AC mobil.

Ketiga, buka jendela secara berkala. Anda bisa membuka sedikit jendela selama 2-3 menit setiap 1 jam sekali untuk membuat udara di dalam kabin bersirkulasi dengan udara luar. Atau, Anda juga bisa memanfaatkan tombol sirkulasi di panel AC untuk mengalirkan udara luar ke dalam kabin mobil.

Keempat, jaga kebersihan filter kabin AC. Filter AC memiliki peran penting untuk membersihkan udara dari kabin yang didinginkan kembali. Jika filter ini tidak bekerja optimal, maka kotoran yang terbawa ke dalam sistem AC akan ikut diembuskan kembali ke dalam kabin.

Kelima, memastikan evaporator AC bersih. Evaporator bertugas mendinginkan udara yang diambil dari dalam kabin untuk diembuskan lagi lewat kisi AC. Pipa evaporator rawan bakteri, jamur dan virus karena lembab dan kotor.

Terakhir, lakukan servis berkala terhadap AC. Di beberapa dealer seperti Auto2000 menyediakan paket servis AC. Teknisi akan mengecek dan membersihkan sistem AC mobil, termasuk mengganti filter kabin AC.



Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com