Selasa, 30 Jun 2020 10:07 WIB

Awas Bahaya! 5 Hal yang Wajib Dilakukan Saat Mobil Terbakar Seperti Alphard Via Vallen

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Alphard warna putih milik Via Vallen terbakar. Mobil bernopol W 1 VV itu diduga dibakar orang tak dikenal sekitar pukul 03.20 WIB, Selasa (30/6/2020). Toyota Alphard Via Vallen terbakar. Foto: Suparno
Jakarta -

Pagi tadi, mobil mewah Toyota Alphard milik Via Vallen terbakar. Diduga mobil itu dibakar orang tak dikenal.

Kejadian mobil terbakar baik yang sengaja maupun tidak disengaja sering kali terjadi. Apa yang harus dilakukan pemilik mobil jika melihat mobilnya terbakar?

Mengutip laman resmi badan pemadam kebakaran Amerika Serikat, ada beberapa hal yang harus dilakukan pemilik mobil jika mobilnya terbakar. Yang pertama, jika Anda berada di dalam mobil segera keluar dan menjauh dari mobil. Atau, jika mobil ada di garasi atau bangunan lain, segera keluar.

Kedua, Setelah berada dalam jarak yang aman dari kendaraan, hubungi pemadam kebakaran. Beri tahu lokasi kejadian.

Sambil menunggu pemadam kebakaran datang, hal ketiga yang harus dilakukan adalah tetap menjaga jarak dari mobil yang terbakar. Jangan mencoba kembali ke kendaraan yang terbakar untuk mengambil barang pribadi.

Yang ke empat, jika ingin menggunakan alat pemadam api ringan, lakukan dari jarak yang aman dan selalu siapkan cara untuk menjauh jika ada kejadian yang tidak diduga. Senior Instructor Safety Defensive Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana, mengatakan pemilik mobil perlu menyiapkan alat pemadam api ringan (APAR) untuk mencegah mobil terbakar hebat..

"Tanpa APAR saat kebakaran, kita hanya jadi penonton, melihat aset ludes dilalap api. Mulai sekarang, siapkan APAR di dalam mobil sebagai alat tambahan pencegahan kebakaran," kata Sony kepada detikcom, Selasa (30/6/2020).

Yang kelima, jangan membuka kap mesin atau bagasi jika Anda menduga ada kebakaran di baliknya. Sebab, udara bisa masuk, memperbesar api dan menyebabkan cedera.

National Fire Protection Association (NFPA) Amerika Serikat menyebut mobil bisa terbakar karena berbagai alasan. Masalah mekanikal atau elektrikal merupakan penyebab paling umum. Mobil juga bisa terbakar akibat benturan keras ketika kecelakaan.



Simak Video "Mobil Pedangdut Via Vallen Terbakar"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
d'Rooftalk
×
Penemuan Rp 500 Juta di KRL
Penemuan Rp 500 Juta di KRL Selengkapnya