Selasa, 30 Jun 2020 06:53 WIB

Supaya Mobil Putih Kamu Enggak Cepat Kusam, Hindari Hal-hal Ini

Luthfi Anshori - detikOto
Avanza-Veloz Sebangsa di Palembang Toyota Avanza warna putih. Mobil bercat putih memerlukan perawatan lebih supaya tak cepat kusam (Luthfi Anshori/detikOto)
Jakarta -

Pabrikan mobil selalu menyediakan opsi warna putih untuk konsumennya. Mobil warna putih dipilih bukan hanya karena bersifat netral, tapi juga dianggap lebih mewah, elegan, dan berjiwa muda. Dalam beberapa tahun terakhir, peminat mobil warna putih juga mengalami peningkatan besar. Itu bisa dilihat dari banyaknya mobil putih yang berseliweran di jalan.

Adapun dari sisi teknis, putih merupakan warna yang mampu menangkal hawa panas di dalam kendaraan. Alasannya warna putih bisa memantulkan pancaran cahaya matahari. Kondisi ini dianggap menguntungkan terutama untuk kendaraan yang mobilitasnya ada di wilayah-wilayah yang bersuhu tinggi.

Namun di antara warna lainnya, warna putih pada mobil tentunya memiliki kekurangan tersendiri. Warna jenis ini akan sangat mudah terlihat kotor jika terkena kotoran debu maupun lumpur. Noda sedikit saja akan mudah terlihat, kondisi yang makin parah saat musim hujan datang.

Oleh sebab itu, bagi pemilik mobil bercat putih wajib melakukan perawatan ekstra agar tampilan luar mobil terlihat selalu segar dan tampak terawat.

Dikutip dari laman Auto2000, perawatan cat pada mobil umumnya sama saja. Tapi jika yang kamu punya adalah mobil berkelir putih, jika kurang dirawat akan lebih cepat terlihat kusam atau putih kecoklat-coklatan.

Intinya, jangan membiarkan bodinya selalu kotor, kalau kotor segera dibersihkan menggunakan air keran dan dilap lagi sampai benar-benar bersih dan kering. Jika tidak, efek jangka panjangnya bodi mobil bisa cepat kusam. Warna putihnya akan pudar dan kehilangan kecerahannya.

"Pantangan selanjutnya tidak boleh parkir di tempat sembarangan, apalagi tempat terbuka karena potensi terkena sinar matahari langsung dan hujan, lama kelamaan warnanya menjadi kusam," tulis pernyataan Auto2000.



Simak Video "Saat 'Noob' Jajal Jimny Libas Medan Offroad"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com