Sabtu, 13 Jun 2020 07:44 WIB

Beraktivitas Lagi di Masa Transisi Menggunakan Mobil, Jangan Lupa Cek Wiper

M Luthfi Andika - detikOto
Jakarta -

Pada masa transisi atau New Normal seperti sekarang pasti detikers sudah paham betul bagaimana antisipasi merawat kendaraan sebelum kembali di gas untuk beraktivitas. Tapi pasti banyak yang tidak mengetahui ternyata bukan hanya mesin atau kaki-kaki yang harus diperhatikan pada kendaraan sebelum digunakan kembali, ternyata wiper juga satu hal penting.

Seperti saran Mobil Lubricants yang menilai wiper juga jadi satu hal penting yang harus diperhatikan, karena jika tidak diperhatikan selain berbahaya saat berkendara di tengah hujan. Wiper yang tidak dirawat juga bisa merusak kaca kendaraan detikers.

"Di tengah wabah pandemi Corona ini penting sekali untuk tidak melewatkan perawatan komponen mobil. Terlebih lagi bagi kendaraan yang jarang digunakan untuk beraktivitas, karena imbas dari pembatasan Peraturan Sosial Berskala Besar (PSBB), dan harus bekerja dari rumah," tertulis dalam rilis Mobil Lubricants yang diterima detikOto.

Selanjutnya dikatakan ada 4 cara mudah merawat kendaraan sebelum dikendarai kembali.

Hal pertama adalah cek air radiator, ini bertujuan untuk mengetahui apakah air radiator berkurang atau tidak. Karena penting sekali untuk tetap mengetahui kondisi air radiator agar dapat menjaga suhu mesin agar dalam kondisi yang ideal ketika akan digunakan.

Sensor Wiper OtomatisIlustrasi Sensor Wiper Otomatis Foto: Peugeot

Kedua adalah jangan lupa mencuci mobil, karena mobil yang jarang digunakan juga akan terlihat kotor berkat debu yang menempel pada body mobil. Otomatis tampilan mobil detikers tidak akan kece.

Ketiga, jangan lupa untuk rutin membersihkan interior mobil, hal ini bertujuan untuk menjaga kelembaban area dashboard, dan juga jok karena paparan sinar matahari yang masuk. Karena jika interior tidak terjaga atau tidak dibersihkan maka dijamin saat berkendara tidak akan nyaman.

Terakhir, yakni keempat adalah mengganti wiper secara berkala, untuk menghindari rusaknya permukaan kaca akibat kerja karet wiper yang sudah tidak maksimal lagi. Jika semua sudah dilakukan, jangan lupa untuk terus mengutamakan keselamatan saat berkendara ya.



Simak Video "Didiet Maulana Imbau Masyarakat Makin Bijak saat New Normal"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com