Rabu, 10 Jun 2020 18:38 WIB

Hati-hati, Ini yang Harus Diperhatikan Saat Cuci Mobil

Abu Ubaidillah - detikOto
Cuci mobil Foto: shutterstock
Jakarta -

Memiliki mobil yang bersih mengilap tentu merupakan dambaan setiap pengendara. Tidak hanya bisa bergaya di jalan raya, mobil yang bersih juga menghindarkan penggunanya dari kotoran penyebab penyakit.

Apalagi saat ini memasuki masa transisi new normal. Tentu mobil yang dari kemarin-kemarin sering diparkir di rumah mulai sering digunakan kembali bukan? Tentu hal tersebut membuat mobil menjadi lebih sering kotor dan harus dicuci dengan bersih. Saat mencuci mobil, agar hasilnya maksimal Anda perlu memperhatikan 4 hal yang penting seperti dilansir dari Napa Online berikut:

1. Pilih Sabun yang Tepat

Mungkin ada beberapa yang tidak mempermasalahkan pemilihan sabun, namun sebenarnya deterjen atau sabun cuci piring tidak bagus untuk dijadikan sebagai sabun cuci mobil karena bahan kimia yang terkandung di dalamnya cukup kuat untuk membuat cat mobil Anda rapuh. Selalu gunakan sabun yang telah diformulasikan khusus untuk mobil agar mendapat hasil yang maksimal.

2. Gunakan Handuk Pengering Microfiber

Handuk rumah tangga yang terbuat dari katun atau polyester terlalu kasar untuk digunakan mengeringkan mobil sehabis dicuci. Gunakan handuk yang lebih lembut yang berbahan microfiber. Selain melindungi hasil akhir, handuk microfiber juga lebih menyerap air sehingga proses pengeringan bisa lebih cepat.

3. Jangan Mencuci di Bawah Sinar Matahari Langsung

Salah satu kunci untuk pembersihan mobil yang tepat adalah menjaganya tetap basah sampai saatnya untuk dikeringkan dengan benar dan menyeluruh. Apabila logam pada mobil panas, maka air dan sabun akan cepat menguap kering terkena sinar matahari yang justru akan meninggalkan bintik-bintik di seluruh cat dan kaca.

4. Jangan Biarkan Apapun Menyentuh Tanah

Jangan pernah menjatuhkan sarung tangan, lap cuci, maupun handuk pengering ke lantai atau tanah. Mungkin tidak terlihat, namun partikel-partikel kecil dari kotoran bisa saja terserap dan diambil saat benda-benda tersebut menyentuh lantai atau tanah sehingga menyebabkan goresan pada cat mobil Anda. Selalu bawa tempat untuk menaruh alat-alat cuci mobil tersebut agar terhindar langsung dari sentuhan tanah.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mencuci mobil agar hasilnya maksimal. Selain itu, Anda juga perlu mempertimbangkan membeli polis asuransi kendaraan agar ketika mobil Anda mengalami kerusakan fisik akibat hal yang tidak diinginkan, perusahaan asuransi yang akan menanggung biaya perbaikannya.

Salah satu rekomendasi asuransi kendaraan adalah asuransi dari Mega Insurance (Mega Kendaraan) yang memiliki benefit TLO (Total Lost Only) dan komprehensif termasuk menanggung garansi perbaikan kendaraan Anda apabila terjadi kerusakan di atas 75% dari nilai pertanggungan.

Jaminan TLO atau comprehensive (all risk) Mega Kendaraan juga dapat ditambahkan dengan jaminan risiko bencana alam (angin topan, gempa bumi, tsunami, gunung berapi), huru hara, terorisme & sabotase dan atau kecelakaan diri pengemudi maupun penumpang.



Simak Video "Kawasaki Ninja ZX-25R Meluncur ke Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com