Selasa, 09 Jun 2020 08:17 WIB

Tips Aman dan Nyaman Berkendara Mobil di Era New Normal

Luthfi Anshori - detikOto
Meski masih tersisa 2 hari lagi PSBB di DKI Jakarta yang akan segera berakhir, kondisi jalanan Ibu Kota sudah terlihat padat dan kembali Macet. Ini potretnya. Potret kemacetan Jakarta menjelang fase new normal.Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Kendati wabah virus Corona (COVID-19) belum hilang dari Indonesia, pemerintah mulai menerapkan kebijakan new normal alias tatanan normal baru. Bagi Anda yang sudah mulai beraktivitas kembali dan mengandalkan mobil pribadi di fase new normal ini, ada baiknya menyimak beberapa tips berikut ini.

Seperti disampaikan Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam keterangan resminya, ada beberapa tips aman dan nyaman berkendara mobil di era new normal.

Langkah pertama bisa dimulai dengan memastikan kondisi mobil siap pakai, dengan servis berkala setiap 6 bulan/10.000 Km, dengan datang ke bengkel resmi atau mobile service ke rumah.

Selain itu, kebersihan mobil juga perlu dijaga, baik dari segi eksterior maupun interiornya. Dari sisi eksterior, biasakan mencuci seluruh bagian mobil, juga termasuk under-carriage, dengan memakai sabun.

Sementara untuk interior, area yang wajib dibersihkan meliputi steering wheel, tuas transmisi, switch lampu/wiper/AC. Selain itu, secara berkala melakukan disinfektan mobil, dan pembersihan AC mobil, serta memakai aksesoris kesehatan seperti air purifier.

Setelah memastikan mobil Anda dalam keadaan prima dan sehat, sekarang giliran mempraktekkan berkendara aman dan nyaman di periode new normal. Lalu apa saja yang mesti dilakukan?

Pertama, melakukan persiapan sebelum berkendara, dengan menggunakan masker dan membawa hand sanitizer/tissue antiseptic. Selanjutnya mengatur posisi duduk penumpang (physical distancing) dan tidak lebih dari 50% dari kapasitas mobil.

Selain itu, periksa dan kenali fungsi kendaraan termasuk posisi tempat duduk, spion, head rest dan dashboard. Saat harus berbagi tumpangan kepada orang lain, pastikan penumpang tersebut dalam kondisi sehat.

Berkendaralah dengan tenang, waspada dan antisipasi pada kondisi lingkungan sekitar. Jangan lupa siapkan beragam pecahan uang tunai dan bayar dengan uang pas. Semaksimal mungkin menggunakan uang elektronik dan pastikan saldo cukup. Lalu gunakan alat bantu/siku saat harus menyentuh fasilitas umum.

Setelah Anda berkendara, pastikan menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, mengganti pakaian, dan langsung mandi ketika tiba di rumah sehabis berpergian dari luar.

Jagalah kesehatan tubuh dengan tidur cukup, makan makanan bergizi, olahraga secara teratur, berjemur di pagi hari, untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dan batasi penularan dengan menjaga jarak dan menghindari kerumunan, menggunakan masker saat keluar rumah, menjaga etika bersin dan batuk.

"Daihatsu berharap para Sahabat dan masyarakat Indonesia dapat mempertahankan kesehatannya dengan menerapkan tips dan kebiasaan baru yang positif," ujar Corporate Planning & Communication Director ADM, Amelia Tjandra.



Simak Video "Itang Yunasz Rancang 'Baju New Normal' yang Gampang Dicuci"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com