Rabu, 27 Mei 2020 10:44 WIB

Dan Terjadi Lagi, Ini Cara Cegah Mobil Terbakar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil Terbakar di Tol Halim KM 3 Foto: Mobil Terbakar di Tol Halim KM 3 (Irwan-detikcom)
Jakarta -

Peristiwa mobil terbakar kembali terjadi. Pagi tadi, di Tol Cikampek arah Jakarta Km 3 terdapat sebuah mobil yang terbakar di bahu jalan.

Pantauan detikcom, Rabu (27/5/2020), asap dari mobil yang terbakar mulai terlihat sekitar pukul 07.40 WIB. Posisi mobil itu berada 1 kilometer sebelum Gerbang Tol Halim.

Kejadian mobil terbakar sudah sering terulang. Peristiwa terbakarnya mobil di jalan bisa menjadi pelajaran bagi pemilik mobil. Tindakan pencegahan harus dilakukan pemilik mobil jika tidak ingin rugi mobilnya hangus terbakar.

National Fire Protection Association (NFPA) Amerika Serikat menyebut mobil bisa terbakar karena berbagai alasan. Masalah mekanikal atau elektrikal merupakan penyebab paling umum. Mobil juga bisa terbakar akibat benturan keras ketika kecelakaan.

Untuk mencegah terjadinya mobil terbakar, NFPA memberikan beberapa tips. Pertama dan yang paling penting, mobil harus rutin diservis oleh mekanik yang terlatih secara profesional. Mobil yang terawat dengan baik cenderung lebih aman dari risiko terbakar.

Jika Anda menemukan atau melihat ada kebocoran sehingga mobil tidak berjalan dengan benar, segera periksa dan perbaiki untuk menghindari risiko mobil terbakar.

Kenali tanda-tanda bahaya. Misalnya kabel yang longgar atau rusak, oli atau cairan lainnya yang bocor, penutup bahan bakar, oli atau cairan lainnya yang tidak tertutup dengan sempurna, serta terjadi perubahan yang cepat pada tingkat bahan bakar, cairan atau suhu mesin.

Selain itu, salah satu penyebab mobil terbakar adalah memodifikasi sistem kelistrikan. Sistem kelistrikan yang dimodifikasi secara sembarangan bisa menyebabkan terjadinya korsleting. Untuk itu, pemilik mobil disarankan agar tidak memodifikasi sistem kelistrikan kendaraan.

Kemudian, jika Anda harus mengangkut bahan bakar dengan menggunakan mobil, bawa bahan bakar itu dalam jumlah kecil dan bisa disegel. Biarkan jendela tetap terbuka untuk ventilasi.

Saran lain, tabung gas atau propana silinder tidak boleh diangkut di kompartemen penumpang. Jangan sekali-kali memarkir mobil di tempat yang mudah terbakar. Terakhir, berkendara dengan aman untuk menghindari kecelakaan agar tak terjadi kebakaran mobil karena benturan keras.



Simak Video "Mobil Hangus Terbakar di Dekat GT Halim, Asap Hitam Membubung!"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/rip)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com