Selasa, 19 Mei 2020 08:08 WIB

Usir Bau Urine Tikus dan Anak Kucing, Dijamin Ruang Mesin Aman

M Luthfi Andika - detikOto
Ilustrasi Mesin Mobil Ilustrasi ruang mesin mobil Foto: shutterstock
Jakarta -

Pasti detikers tidak ingin ruang kap mesin kendaraan milik Anda jadi sarang tikus atau menjadi tempat berteduh anak kucing, bukan? Namun saat sudah terlanjur terjadi jangan khawatir, karena ada caranya agar hewan-hewan kecil tersebut tidak tinggal di dalam kap mesin mobil Anda.

"Bagaimana kalau tikus atau anak kucing sudah terlanjur bersarang? Kalau sudah terlanjur bersarang walau sudah diusir, maka dia akan balik lagi. Karena memang dia sudah tandai ruang mesin ini dengan buang urine sebagai tanda batas kekuasaannya. Lalu apa yang harus dilakukan?" ujar Service Manager Auto2000 Cilandak, Suparna kepada detik.com.


Ada langkah-langkah sederhana yang bisa dilakukan agar para hewan-hewan ini kabur dan enggan balik lagi.

"Pastikan dulu kabel-kabel dan komponen-komponen lainnya aman. Selanjutnya bersihkan dengan air sabun sehingga betul-betul bersih sehingga tidak tertinggal bekas dan bau urinenya. Ini dilakukan untuk menghapus jejak dia biar tidak kembali," ucap Suparna.

"Bisa juga dilakukan engine care di bengkel agar lebih praktis. Selanjutnya kalau mau diberikan semprotan anti kucing silakan. Selanjutnya tinggal maintenance berupa memanaskan mesin tiap 2 hari sekali dengan durasi 5-10 menit dengan putaran sekitar 2.000 rpm, dikendarai dengan keliling komplek seminggu sekali dengan durasi 15-30 menit. Itu tips sederhana agar mengurangi risiko ruang mesin dipakai sarang Tikus/Kucing," tutup Suparna.



Simak Video "Mau Gowes? Jangan Lupa Hormati Pengguna Jalan Lain!"
[Gambas:Video 20detik]
(lth/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com