Kamis, 07 Mei 2020 07:09 WIB

Parkir Mobil di Rumah Ternyata Tak Boleh Sembarangan, Ini Tips-tipsnya

M Luthfi Andika - detikOto
Mobil Parkir di Trotoar Jalan Tamansari Bandung Ilustrasi parkir mobil yang salah dan melanggar hukum karena di pinggir jalan. Foto: Mochamad Solehudin
Jakarta -

Ribuan mobil harus terus diparkir di garasi akibat pandemi virus corona. Demi menjaga performa mobil tetap oke saat dipakai nanti, parkir ternyata tak boleh sembarangan lho.

Terlalu lama tidak digunakan bisa menurunkan performa mobil. Kondisi kendaraan yang kurang terawat berpotensi menimbulkan kerugian yang lebih besar karena akan butuh biaya tambahan untuk perbaikan.

Kondisi ban, kelistrikan, dan ancaman kemasukan binatang liar membuat mobil harus sering-sering diperhatikan perawatannya meski sudah lama tak digunakan.

Dikutip dari Auto2000, berikut 9 tips parkir demi menjaga performa dan kegantengan mobil kamu:

Berikut 9 cara parkir yang tepat ala Auto2000.

1. Lokasi Parkir Ada Atapnya

Paling aman tentu parkir dalam garasi yang sudah memiliki atap. Dengan begitu, mobil dapat terhindar dari paparan panas matahari secara langsung yang bisa membuat cat mobil memudar.

Ketiadaan atap juga membuat mobil detikers terkena hujan. Lambat laun akan timbul water spot (jamur kaca/jamur bodi) akibat noda bekas air hujan yang mengering karena tidak dibersihkan dan menyebabkan mobil tidak sedap dipandang.

Lelehan air hujan juga bisa menyelinap di sela-sela bodi mobil seperti dudukan pelat nomor, gril, hendel pintu dan tutup tangki bensin, dan celah antara pintu dan bodi mobil. Selain kotor, air yang masuk lewat celah pintu bisa meninggalkan bau tidak sedap jika tidak dibersihkan.

2. Cuci Mobil Luar-Dalam

Meski ditinggal di dalam rumah, mobil tetap bisa kotor oleh debu atau air hujan. Oleh sebab itu, detikers bisa mencucinya minimal seminggu sekali. Tidak hanya luar, bagian dalam juga harus dibersihkan.

Manfaatkan vacuum cleaner untuk membersihkan debu, terutama bagian kolong kabin. Keluarkan karpet dan cuci hingga bersih. Auto Family bisa melapisi cat mobil dengan wax untuk menjaga kondisi cat dan melindungi dari risiko kerusakan akibat terpaan sinar matahari, air hujan, dan baret.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com