Sabtu, 14 Mar 2020 06:47 WIB

Pandemi Corona, Apakah Kabin Mobil Perlu Disemprot Disinfektan?

Ridwan Arifin - detikOto
Modifikasi interior mobil Ammar Zoni Tips membersihkan kabin mobil Foto: Dok. Classic Car Interior
Jakarta -

Menjaga kebersihan mobil bisa membantu menghindari potensi tertular virus corona. Tapi, perlukah interior dan kabin mobil disemprot menggunakan disinfektan?

dr. Wibisono, salah satu anggota MedDocs & Friends menyebut ada beberapa langkah mudah untuk menjaga kebersihan kabin mobil. Pertama, memastikan kabin mobil dijamin bersih dari kotoran-kotoran yang berpotensi membawa virus.

"Yang pasti dibersihkan dari debu dengan lap biasa dan vacum cleaner, selanjutnya bisa dibersihkan dengan cairan pembersih seperti yang dijual di toko-toko, disesuaikan dengan peruntukannya," kata dr. Wibisono saat dihubungi detikoto, Jumat (13/3/2020).

Dokter yang juga lekat dengan kehidupan otomotif ini mengatakan tidak perlu menyemprot disinfektan atau cairan pembersih lain yang bukan diperuntukkan bagi interior mobil.

"Artinya kalau untuk membersihkan dashboard ya pakai cairan pembersih untuk dashboard, pun demikian untuk jok atau bahan kulit, plafon dan lain-lain. Jenis pembersih disesuaikan," kata dia.

"Tidak perlu cairan pembersih lain yang bukan peruntukannya karena justru dikhawatirkan bisa merusak atau menimbulkan noda pada bagian-bagian interior mobil tersebut," jelasnya.

Beberapa bagian interior mobil wajib dapat perhatian khusus saat dibersihkan, yakni yang sering terkena sentuhan tangan seperti gagang pintu, setir, tuas porsneling, gesper seat belt, dan bagian lainnya. Oiya, saat membersihkan dianjurkan untuk menggunakan sarung tangan.

Terakhir Wibisono menghimbau yang terpenting agar tidak tertular virus corona dengan selalu menjaga kesehatan.

"Yang penting kita selalu jaga stamina badan, makan, minum dan pola yang hidup yang sehat. Selalu menjaga kebersihan diri dan lingkungan. Waspada iya, tapi tidak perlu panik, tidak perlu terlalu takut sehingga bisa menurunkan produktivitas kerja kita," ucap Wibisono.



Simak Video "Kasus WNI Positif Corona Kini Mencapai 309"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/din)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com