Selasa, 10 Mar 2020 17:50 WIB

Bingung Tangki Bensin Karatan? Ini Penyebab dan Cara Membersihkannya

M Luthfi Andika - detikOto
Bersihkan karat pada tangki bensin Tips bersihkan karat pada tangki Foto: Pool (thai.webike)
Jakarta -

Tangki bensin berkarat kerap menjadi permasalahan banyak pengendara. Terlebih saat kendaraan baik mobil dan motor sudah lama tidak digunakan. Tapi tenang, detikers, ada beberapa cara untuk bisa membuatnya kembali bersih.

Seperti dikutip thai.webike, ada beberapa langkah untuk bisa menghilangkan karat pada tangki kendaraan. Penasaran bagaimana cara menghilangkan karat pada tangki, simak ulasannya berikut ini.

Bensin penyebab utama karat pada tangki kendaraan

Karat pada tangi bahan bakar bisa terjadi kapan saja, akibat ada-nya perbedaan kondensasi dan suhu antara siang dan malam. Serta inflltrasi air hujan selama penyimpanan kendaraan di luar ruang.

Selain itu karat pada tangki bahan bakar juga bisa terjadi karena kendaraan terlalu lama ditaruh tidak dikendarai. Terutama saat kendaraan ditaruh di area terbuka atau membiarkan kendaraan Anda tidak dikendarai selama setengah tahun.

Tangki berkaratTangki berkarat Foto: Pool (thai.webike)

Udara juga bisa membuat tangki kendaraan menjadi berkarat. Udara dan kelembaban menjadi kondisi penting bagi tangki bahan bakar. Jika bensin pada tangki terlalu lama dalam tangki, uap air di tangki bisa menjadi penyebab karat.

Sehingga disarankan, bagi detikers yang kendaraan yang lama tidak digunakan. Ada baiknya mengkosongkan tangki dan simpanlah kendaraan Anda dengan siklus atau perputaran udara yang baik.

Selain itu, untuk bisa menghilangkan karat pada tangki, saat ini dikatakan sudah banyak bahan kimia penghilang karat yang efektif dan ramah lingkungan.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com