Selasa, 07 Jan 2020 10:46 WIB

Fitur Mobil yang Dapat Mengurangi Bahaya Hydroplaning

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Pool (MyCarDoesWhat)
Jakarta - Seiring berkembangnya teknologi, fitur keamanan menjadi bagian yang terus ditingkatkan sampai bisa mengurangi kecelakaan sekecil mungkin. Pada musim hujan seperti ini sebaiknya jangan melupakan peranan fitur keamanan pada mobil Anda.

Salah satu kendala berkendara saat hujan yang akan ditemui adalah hydroplaning, yakni ketika ban mobil tidak menapak dengan sempurna pada aspal karena tergenang air. Memiliki mobil dengan fitur anti-slip dan penggerak semua roda dapat menjaga kendali kendaraan dari bahaya hydroplaning seperti understeer dan oversteer.



"Fitur kendaraan anti slip juga bisa menjadi antisipasi, penggerak semua roda juga baik digunakan," kata Instruktur Rifat Drive Labs, Erreza Hardian kepada detikcom, Senin (6/1/2020).

Fitur lainnya yang cukup berguna menghadapi situasi hydroplaning adalah Antilock Brake System (ABS). Fungsi ABS akan menghindari kendaraan hilang kendali saat rem mendadak apalagi di jalanan basah. Bagi yang tidak memilikinya diharapkan menginjak rem secara perlahan agar tak meningkatkan risiko bahaya.

"Pengereman gradual, ditekan pelan sampai pada titik brake point kalau yang tidak berteknologi ABS. Tapi kalau ABS boleh langsung injak full," tambah Reza.



Terlepas dari fitur canggih tersebut pada dasarnya tetap kembali lagi pada kondisi ban sebelum berkendara di jalan basah. Pastikan ban tidak dalam kondisi aus dengan memeriksa tingkat keausan yang tertera pada ban.

"Permukaan ban juga punya peran penting untuk menghindari hydroplaning. Jaga agar permukaan ban dengan melihat TWI (Tread Wear Indicator) atau indikator keausan ban, karena kembang dari ban ini yang bertugas membuang air ini ketika akan dilewati permukaan lainnya," tutup Reza.

Simak Video "Tol Layang Japek Diperbaiki, Agar Tak Bikin Mual?"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com