Kamis, 02 Jan 2020 17:29 WIB

Jika Mobil Hanyut Terbawa Banjir, Ini yang Perlu Dilakukan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Mobil terseret banjir sampai saling menumpuk. Foto: Fathan Mobil terseret banjir sampai saling menumpuk. Foto: Fathan
Jakarta - Bencana banjir melanda Jakarta dan sekitarnya. Banjir juga merendam bahkan sampai menghanyutkan mobil.

Beberapa video menggambarkan mobil hanyut terbawa arus banjir. Daya angkat air saat berada dalam volume besar mengalahkan objek berat sekalipun seperti kendaraan roda empat.

Menurut Andry Berlianto sebagai praktisi defensive driving, jika mobil hanyut terbawa air, ada beberapa langkah yang perlu dilakukan. Jika sedang parkir dalam keadaan kosong dan ada potensi menghanyutkan kendaraan maka jangan coba-coba untuk menyelamatkan kendaraan karena justru memperbesar risiko celaka.



Jika berada di dalam mobil, Andry menyarankan agar pemilik mobil yang hanyut terbawa arus banjir tidak panik. "Ini karena sifat panik itu sendiri yang akan merusak daya pikir akal sehat seseorang. Maka, jangan panik dan tetap tenang untuk berpikir jernih," kata Andry kepada detikcom, Kamis (2/1/2020).



Sebaiknya jangan membuka pintu dulu saat mobil terbawa arus banjir. Sebab, potensi air akan semakin mudah masuk ke dalam kendaraan dan kendaraan akan lebih cepat tenggelam terbawa arus.

"Nyalakan komunikasi. Contohnya seperti klakson untuk menarik atensi orang-orang di luar kendaraan untuk bereaksi memikirkan bantuan. Pemakaian seatbelt sambil berpikir membantu tubuh tetap pada kursi dan tidak terombang-ambing karena arus. Lepas sabuk segera setelah menemukan cara keluar hidup-hidup," kata Andry.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com