Kamis, 02 Jan 2020 13:11 WIB

Yang Perlu Dilakukan Pemilik Mobil Setelah Banjir Surut

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Jakarta - Awal tahun 2020 dibuka dengan bencana banjir di Jakarta dan sekitarnya. Banyak mobil yang terendam banjir saat sedang diparkir di garasi rumah. Mobil yang terendam banjir tersebut berisiko mengalami kerusakan.

Mungkin hari ini banjir di beberapa titik sudah berangsur surut. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dan sebaiknya tidak dilakukan pemilik mobil yang terendam setelah banjir surut, seperti dikutip dari The Clunker Junker.



Setelah air banjir surut, pemilik mobil mungkin tergoda untuk menyalakan mobil untuk memastikan apakah mesin mobil masih bisa dihidupkan atau tidak. Sebaiknya hal itu dihindari. Karena, mobil yang terendam banjir jika langsung dinyalakan bisa membuat kerusakan makin parah. Menyalakan mobil akan menyebabkan kerusakan lebih lanjut jika air masuk ke mesin atau kelistrikan.



Disarankan untuk membuka semua pintu mobil, kap mesin dan bagasi agar mendapatkan aliran udara ke dalam mobil. Lepaskan karpet lantai atau apa pun yang berada di atas karpet.

Jika mobil udah di-cover asuransi akibat banjir, pemilik mobil bisa menghubungi pihak asuransi untuk kemudian ditindaklanjuti. Biasanya pihak asuransi memiliki layanan jemput mobil yang terkena dampak banjir.

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com