Kamis, 02 Jan 2020 11:35 WIB

Cara Aman Berkendara Mobil di Tengah Banjir

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta - Banjir selalu jadi momok menakutkan bagi pengguna kendaraan bermotor. Sebab air yang masuk ke ruang bakar bisa menimbulkan gejala water hammer dan dibutuhkan biaya tidak sedikit untuk perbaikannya. Umumnya ini dialami pengendara mobil yang menerobos banjir tanpa perhitungan.

Lalu seperti apa cara aman berkendara mobil di tengah genangan air?



Dikatakan Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi, sebelum pengendara menerobos banjir, pastikan dulu ketinggian air tidak melebih intake udara mobil. Sebab jika intake udara mobil kemasukan air dipastikan akan menimbulkan gejala water hammer. Maka itu pastikan genangan air yang dilalui, tidak melewati bagian atas ban atau grille depan.

"Setelah itu pastikan melewati banjir dengan perhitungan. Dengan berasumsi ada mobil lain yang datang dari lawan arah, yang bisa menimbulkan gelombang air. Jadi pastikan itu dulu," lanjut Anjar.



"Dan pastikan ketika melewati genangan air, jangan ngebut-ngebut. Karena ini juga bisa menimbulkan gelombang yang berpotensi membuat air tambah tinggi," terang Anjar.

Saat melewati banjir, Anjar menyarankan untuk menggunakan gigi rendah dan ditahan di kecepatan yang konstan. "Dan gas harus jalan terus, karena muffler itu kan ada di belakang ya. Supaya dia kondisinya tetap stabil, mendorong ke belakang," pungkasnya.

Simak Video "Kawasan Mangga Dua Banjir Usai Diguyur Hujan Deras"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com