Rabu, 01 Jan 2020 19:02 WIB

Rawat Interior Mobil yang Terendam Banjir

Rizki Pratama - detikOto
Mobil terendam banjir. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Belum ada hitungan pasti berapa jumlah mobil yang terkena dampak banjir hari ini. Namun bagi yang biasa beraktivitas menggunakan mobil, tentu akan terganggu apabila interior mobil turut terendam air.

Kondisi lembab basah tersebut tentu akan menimbulkan bau tidak sedap. Ada baiknya jika tak nyaman, pemilik kendaraan melakukan perawatan interior dengan mencuci dan mengeringkannya.



Meski begitu, Marketing Manager Autoglaze Indonesia, Stephen Setyadi mengatakan masih ada kemungkinan bau tetap tinggal. Ia menyarankan untuk melakukan penanganan lebih lanjut. Di Autoglaze memiliki cara menghilangkannya lewat layanan Ozone.

"Kalau masih ada bau-bau yang muncul di mobil kita punya layanan ozone untuk menetralisir bau-bau tidak sedap itu," ujarnya kepada detikcom, Rabu (1/1/2020).



Tempat layanan perawatan mobil tersebut memiliki alat yang memadai untuk hal itu. Kandungan ozon diyakini mampu melenyapkan bau-bau tak sedap yang menempel akibat banjir.

"Jadi dari mesinnya itu mengeluarkan O3 yang berfungsi untuk menetralisir udara yang ada di interior termasuk bau-bau tidak sedap itu," tambahnya.



Stephen mengingatkan kepada pengguna mobil untuk tidak mengabaikan penanganan interior yang terkena banjir. Sebab selain meninggalkan bau, bahan interior menjadi tidak awet dan biasanya akan kehilangan warna terbaiknya.

"Di dalam interior kan ada item-item lainnya seperti trim board. Kalau tidak dibersihkan dapat merusak warnanya dan jadi belang antara yang terendam banjir dan tidak," tutupnya.

Simak Video "Cerita Warga Soal Ngerinya Longsor di Bogor yang Tewaskan 1 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com