Selasa, 31 Des 2019 13:09 WIB

Biar Tak Diketok, Ini Cara Mengetahui Harga Suku Cadang Mobil

Ridwan Arifin - detikOto
Foto: Shutterstock
Jakarta - Suku cadang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari mobil. Apalagi untuk yang sifatnya fast moving, ada jangka waktu tertentu yang wajib diganti pemilik mobil.

Namun kekhawatiran muncul bila harga diketok lebih tinggi, biasa dilakukan karena ulah bengkel nakal. Apalagi belum menemukan mekanik langganan yang bisa diandalkan.

Agar tak diketok harganya, pemilik mobil disarankan mencari seluk beluk servis mobil. Seperti melakukan riset kecil-kecilan terlebih dahulu, mengecek bagaimana harga spare part tersebut dijual.


Section Head Service Administration PT Suzuki Indomobil Sales Totok Yulianto mengatakan pabrikan terbuka mengenai harga suku cadang kendaraan.

"Untuk harga sparepart, konsumen Suzuki bisa mengecek harga sparpart di website Suzuki. Sehingga mereka bisa tahu harga sparepart berapa, kemungkinan tertipu harga sparepart yang tinggi bisa diminimalisir," ungkap Totok kepada detikcom, Selasa (31/12/2019).


Merek lain seperti Daihatsu sendiri saat ini juga sudah tercantum berapa harga spare part mobil yang bisa diakses melalui laman resmi Daihatsu.

Dijelaskan Head Product Improvement/EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor Bambang Supriyadi menyarankan agar pemilik mobil memiliki montir yang sudah terpercaya.

"Kenal dengan montir atau teknisi yang terpercaya sehingga dapat melakukan perbaikan atau penggantian dengan tepat," kata Bambang saat dihubungi detikcom.

Simak Video "Segahar Apa Mobil Baru Ronaldo Seharga Rp 145 M?"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com