Rabu, 25 Des 2019 12:24 WIB

Mengenal Defogger, Fitur yang Bikin Kaca Mobil Bebas Embun

Luthfi Anshori - detikOto
Defogger fitur anti embun di kaca mobil/auto2000
Jakarta - Beberapa mobil keluaran terbaru sudah dilengkapi fitur defogger. Bagi yang belum tahu, fitur ini sangat berguna ketika musim hujan. Fungsinya untuk menangkal efek embun yang ada di kaca.

Proses pengembunan pada kaca sendiri terjadi karena adanya perbedaan suhu di dalam kabin dan di sekeliling bodi mobil alias lingkungan sekitar.



Berkat defogger, permukaan kaca menjadi panas, sehingga tidak akan timbul embun dan pengendara tetap bisa melihat jalan ke depan atau ke belakang dengan jelas.

Fitur defogger ada di kaca belakang mobil, dan berbentuk garis-garis horizontal yang memanjang.

"Fungsinya sederhana, tetapi sangat membantu visibilitas pengendara," kata Kepala Bengkel Auto2000 Cibinong, Deni Adrian, seperti dikutip dari laman Auto2000.



Untuk cara mengaktifkannya pun cukup mudah. Pengendara mobil bisa menekan pilihan tombol bergambar persegi panjang yang dipotong oleh tiga anak panah.

Perlu diingat, seiring waktu fitur tersebut juga sewaktu-waktu bisa rusak. Oleh sebab itu menurut Deni tidak ada salahnya ketika melakukan servis berkala di bengkel resmi, minta kepada teknisi untuk melakukan pengecekan.

"Khawatir tidak berfungsi, sehingga perlu di cek setiap 20.000 km atau selebihnya, untuk memastikan bahwa fitur tersebut masih berfungsi secara normal," tutup Deni.

Simak Video "Pameran Otomotif Klasik, Jakarta"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com