Selasa, 10 Des 2019 20:47 WIB

Jangan Sampai Rugi, Ini Antisipasi Mobil Mogok saat Musim Hujan

Rangga Rahadiansyah - detikOto
Ilustrasi mobil terobos banjir. Foto: detikFoto


Tak mau merugi karena mobil terendam genangan air saat musim hujan? Ada antisipasinya. Pengendara disarankan sebaiknya menghindari jalanan yang tergenang.

Kalau terpaksa melewati genangan dengan ketinggian kurang dari setengah tinggi ban, pastikan kendaraan menggunakan perseneling rendah, jalankan mobil dengan kecepatan rendah.

Jika terlanjur terjebak di jalan yang sudah tergenang dengan ketinggian setengah ban atau lebih, pengemudi disarankan segera mematikan mesin, mencabut kunci kontak dan keluar dari mobil. Jika memungkinkan, segera mencabut kabel aki untuk mencegah korslet yang bisa menimbulkan kerusakan lebih parah. Segera hubungi layanan derek untuk membawa mobil ke bengkel.



Agar tak terlalu rugi, pemilik mobil bisa memanfaatkan asuransi kendaraan. Ada polis asuransi kendaraan yang bisa meminimalisir kerugian karena kerusakan kendaraan akibat tergenang air.

"Pastikan untuk selalu mengetahui cakupan perlindungan polis asuransi kendaraan yang dipilih, menyimpan nomer call centre (pihak asuransi) di perangkat telepon selular Anda untuk kondisi darurat, mengikuti ketentuan persyaratan dan prosedur klaim yang berlaku, serta melengkapi dokumen yang dibutuhkan saat melakukan klaim asuransi kendaraan agar klaim asuransi kendaraan bisa diproses," kata Head of Claims Management Allianz Utama Indonesia, Ignatius Hendrawan.
Halaman
1 2 Tampilkan Semua

(rgr/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com