Sabtu, 07 Des 2019 13:23 WIB

Liburan Bawa Banyak Barang? Pasang Roof Rack Harus Benar

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Vauxhall via Newspress
Jakarta - Liburan bersama keluarga dengan mobil tentu sudah masuk dalam daftar kegiatan yang akan dilakukan pada Natal dan Tahun Baru. Biasanya, untuk muatan penumpang yang banyak akan mengurangi ruang bagasi untuk membawa barang pribadi.

Salah satu solusi ini tak lain dan tak bukan menambahkan roof rack di atap mobil. Bagi yang ingin memasang roof rack sebaiknya memperhatikan terlebih dahulu bagaimana standar keamanan untuk penambahan roof rack tersebut.

"Yang perlu paling penting diperhatikan adalah safety saat adanya muatan dalam roof rack, sehingga pemudik perlu memperhatikan bahan pembuat yang kuat," kata Kepala Bengkel Auto2000 Permata Hijau, Edwin Dwi Novianto kepada detikcom.


Liburan Bawa Banyak Barang? Pasang Roof Rack Harus Benar


Selain pemasangan roof rack yang benar dan aman, cara penggunaannya juga harus diperhatikan. Pastikan barang bawaan tidak mudah terlempar dan stabil terikat pada roof rack.

"Metode pengikatan ke roof rack di roof kendaraan yang mudah dan aman," tambah Edwin.

Perlu diingat pula dengan penambahan roof rack bukan berarti anda bisa memuat barang bawaan sebanyak mungkin. Berat dan tinggi volume dari barang di roof rack juga harus disesuaikan agar tak mengganggu pengendalian kendaraan.

"Tinggi yang dianjurkan dan beban muatan sesuai spesifikasi yang disarankan dari pabrik," tutupnya.

Simak Video "Tampang dan Fitur Baru di Honda CBR250RR"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com