Senin, 04 Nov 2019 18:46 WIB

Masuk Musim Hujan, Hindari Wiper Berdecit

Ridwan Arifin - detikOto
Wiper mobil Foto: dok detikcom Wiper mobil Foto: dok detikcom
Jakarta - Memasuki musim penghujan ada baiknya mempersiapkan kondisi kendaraan agar terhindar dari celaka. Salah satu kompenen yang tidak bisa dilewatkan adalah wiper.

Dengan wiper sangat membantu untuk menyeka air maupun kotoran yang menghalangi pandangan pengemudi. Sayangnya, tak jarang menemukan wiper yang berdecit. Hal ini pasti akan sangat mengganggu.


Selain itu, wiper yang berdecit kadang kurang sempurna saat menyeka kaca. Lalu, bagaimana cara mencegah suara decit dari wiper tersebut?

"Bisa jadi satu karetnya sudah tidak maksimal, sudah mulai keras jadi ketika menyapu tidak halus. Kalau halus akan lebih smooth pergeserannya," tutur Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi.


Ia menjelaskan selain kelenturan karet wiper, kondisi fisik karet ini juga wajib diperhatikan. Lihatlah apakah karet wiper Anda pecah-pecah atau bahkan sobek. Gantilah bila Anda menemukan hal tersebut.

Lebih lanjut Anjar menjelaskan, bunyi decitan juga bisa disebabkan karena kaca yang kotor akibat paparan debu yang hinggap saat musim panas. Biasanya pemilik yang malas untuk membersihkan mobil.


"Bisa juga kacanya kotor, menempel debu-debu halus yang sudah tidak lama dibersihkan jadi itu seperti bikin keset," bilang Anjar.

Pengecekan selanjutnya terkadang motor wiper tidak mau bergerak sama sekali. Meski karet sudah diganti bila komponen ini tetap tidak bekerja maka motor wiper harus segera diganti.

"Motor wiper termasuk yang kuat, saya jarang mendengar informasi bermasalah. Sistemnya sederhana, kebanyakan karetnya (yang bermasalah)," ungkap Anjar.

"Secara khusus dia (motor wiper) biasanya tidak gerak, indikasi awal, bisa jadi karenanya motornya," tandasnya.

Simak Video " Ford Mustang Mach-E, Si Gahar Masa Depan"
[Gambas:Video 20detik]
(riar/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com