Selasa, 22 Okt 2019 10:22 WIB

Cuci Mobil dengan Busa Tebal dan Banyak Tak Jamin Bikin Mengkilap

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi cuci mobil. Foto: Thinkstock Ilustrasi cuci mobil. Foto: Thinkstock
Jakarta - Jasa cucian umum kerap jadi opsi sebagian pengguna mobil untuk merawat tunggangannya supaya kinclong lagi. Tapi dalam memilih tempat cucian mobil yang tepat, jangan tergoda busa banyak dan tebal ya. Sebab hal itu tidak menjamin mobil Anda bakal lebih bersih dan mengkilap.

"Kadang-kadang di tempat cucian umum gitu. Karena penginnya mobil lebih bersih, dia pakai sabun cuci yang busanya banyak. Padahal bukan berarti bagus sebetulnya," kata Technical Support Otogard Ade Lesmana, saat dihubungi detikcom, Senin (21/10/2019).

Menurut Ade, sabun cuci yang bisa mengeluarkan busa banyak tidak menjamin akan membuat mobil menjadi lebih bersih dan mengkilap.


"Karena tolak ukur busa yang bagus, adalah busa sabun cucian yang ketika diaplikasikan itu bikin permukaan cat jadi kayak ada efek wax-nya atau efek licin," terang Ade.

Menurut Ade, sabun cuci yang baik untuk kendaraan adalah sabun cuci yang memiliki pH balance atau sabun yang dapat menyeimbangkan kadar asam.

"Sabun pH balance itu aman. Jadi dia nggak terlalu banyak busa. Tapi ke permukaan bodi mobil bisa langsung membersihkan secara maksimal dan ada efek mengkilapnya," lanjut Ade.


"Sementara kalau pakai sabun biasa yang ada kandungan soda apinya (deterjen atau sabun krim) itu akan bikin efek water spot, karena pH-nya nggak stabil," pungkasnya.

Simak Video "Cuci Mobil Touchless Kini Bisa di SPBU"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com