Selasa, 22 Okt 2019 08:24 WIB

Pelek Mobil Jangan Dicuci Pakai Sabun Colek!

Luthfi Anshori - detikOto
Ilustrasi cuci mobil. Foto: Ridwan Arifin Ilustrasi cuci mobil. Foto: Ridwan Arifin
Jakarta - Saat mencuci mobil direkomendasikan untuk memakai dua jenis sabun berbeda. Ada sabun khusus untuk bagian atas mobil dan ada sabun khusus untuk bagian bawah atau area kaki-kaki mobil.

Untuk bagian atas meliputi atap dan bodi, sabun yang direkomendasikan yang memiliki pH balance. Sementara untuk membersihkan area kolong mobil dan ban, sabun yang direkomendasikan adalah sabun krim (colek) atau deterjen yang lebih kuat.


Tapi khusus area pelek, jangan dicuci menggunakan sabun colek atau deterjen ya detikers. Sebab itu akan merusak lapisan cat pada pelek.

"Untuk mencuci pelek, usahakan pakai sabun pH balance, jangan pakai sabun colek. Kenapa? karena lapisan cat atau krom-kroman pada pelek nantinya akan cepat jadi kuning," kata Technical Support Otogard Ade Lesmana, saat dihubungi detikcom, Senin (21/10/2019).

Saran Ade, gunakan sabun yang sama dengan sabun untuk mencuci bodi mobil.


"Tapi usahakan embernya dipisah ya. Jadi buat cuci pelek embernya sendiri dan buat cuci bodi mobil embernya sendiri," terang Ade.

Menurut Ade, pemisahan ember ini penting dilakukan. Karena jika embernya hanya satu, dikhawatirkan pasir atau debu dari pelek akan ikut kain cucian dan justru membuat cat bodi mobil menjadi baret-baret.

Simak Video "Cuci Mobil Touchless Kini Bisa di SPBU"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/dry)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com