Minggu, 13 Okt 2019 19:04 WIB

Panaskan Mobil Matik, Sebaiknya Posisikan Tuas di P atau N?

Luthfi Anshori - detikOto
Mobil Matik. Foto: Autodeal Mobil Matik. Foto: Autodeal
Jakarta - Memanaskan mesin mobil jadi hal yang direkomendasikan kepada pengendara. Sebab cara tersebut bisa melancarkan sirkulasi oli mesin sehingga bisa melumasi ruang mesin secara sempurna.

Khususnya pengguna mobil matic, ada cara tersendiri untuk memanaskan mesin kendaraan. Saat memanaskan mobil matic, disarankan untuk tetap mempertahankan tuas transmisi pada posisi P (Parking).

"Untuk keamanan, lebih baik di posisi P," terang Technical Leader Auto2000 Tebet Soepomo, Achmad Mu'min, melalui pesan singkat kepada detikcom, Minggu (13/10/2019).



Mu'min pun menolak mitos yang menganggap kalau memanaskan mesin mobil matic di posisi tuas P itu tidak dianjurkan, karena dugaannya sistem pelumasan belum bekerja, sehingga dalam jangka panjang akan membuat transmisi tidak awet.

"Jadi itu salah besar ya. Untuk pelumasan oli matic, mau posisi apa pun (tuasnya), pelumasan akan sesuai kebutuhan dan nggak ada yang menyebabkan AT (Automatic Transmission) cepat rusak," lanjut Mu'min.



Memanaskan mesin mobil matic dengan tuas di posisi P memang bisa memberikan keamanan lebih, sebab mobil tidak akan gampang bergeser.

Lain halnya ketika posisi tuas digeser ke N, di mana mobil bisa maju atau mundur seketika saat dipanaskan, karena tidak adanya cengkeraman mesin ke transmisi. Apalagi jika tuas hand brake, tidak ditarik.

Simak Video "Perubahan Sisi Desain dan Fitur Yamaha MT 25"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com