Senin, 30 Sep 2019 18:25 WIB

Jadi Korban Demo Mobil Dibakar, Sisa Mobil Jangan Diservice

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Wakil Ketua KONI Dodi O Affandy (dok.pribadi) Foto: Wakil Ketua KONI Dodi O Affandy (dok.pribadi)
Jakarta - Mobil Jeep Wrangler Rubicon milik Wakil Ketua Koni, Didi O Affandy ditemukan terbakar dalam massa demo di belakang Gedung DPR. Dalam insiden tersebut mobil Didi sudah sulit untuk dikenali dengan kondisi hangus seperti itu.

Dalam kasus seperti ini sangat tidak direkomendasikan bagi pemiliknya untuk menggunakan sisa mobil yang terbakar. Dari sisi keamanan, material yang telah dilahap oleh api tak lagi memberikan kekuatan sama seperti semula.



"Umumnya ketika terbakar terjadi oksidasi metal yang tinggi cenderung berubah jadi karat," jelas Koordinator Eksekutif Technical Service Astra Daihatsu Motor Anjar Rosadi saat dihubungi detikcom, Senin (30/9/2019).

Selain itu berbagai pertimbangan lain untuk merestorasi mobil ini tidaklah ramah untuk kantong. Daripada diperbaiki lebih baik anda menyimpan uang perbaikan untuk membeli kendaraan yang sama sekali baru.

Jadi Korban Demo Mobil Dibakar, Sisa Mobil Jangan DiserviceFoto: Wakil Ketua KONI Dodi O Affandy (dok.pribadi)


"Secara finance, keamanan dan kenyamanan nggak disarankan karena membangun mobil yang telah terbakar pasti lebih murah beli baru. Belum omongin material barang, jasa, proses," timpalnya.

Hal serupa juga dikatakan oleh Head of Service PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Riecky Patrayudha beberapa waktu lalu. Ia mengatakan aspek keamanan mobil serta biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan mobil yang hangus total seperti di Petamburan tidak sepadan.



"Secara teori bisa saja, tapi memperhitungkan safety, karena kekuatan logam akan berubah bila dipanaskan dan biaya yang dikeluarkan untuk perbaikan kembali tidak ekonomis perhitungannya untuk dilakukan restorasi dari sebuah mobil yang sudah terbakar secara menyeluruh," ujar Riecky kapada detikcom.

Simak Video "Korban Kecelakaan Avanza Vs Truk di Cipali Dapat Santunan Puluhan Juta"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/lth)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com