Rabu, 18 Sep 2019 09:12 WIB

Ban Serep Wajib Dirawat

Luthfi Anshori - detikOto
Ban serep. Foto: detikOto Ban serep. Foto: detikOto
Cikarang - Setiap kendaraan roda empat umumnya dibekali spare tire alias ban cadangan. Ban cadangan diperlukan untuk mengganti ban mobil yang bocor.

Untuk penempatannya, ban cadangan biasanya ditaruh di kolong mobil, bagasi belakang, atau di pintu belakang. Meski kelihatannya terlindungi, komponen yang biasa disebut ban serep ini ternyata juga perlu perawatan lho, detikers.



"Terutama kondisi tekanan anginnya, harus tetap terjaga supaya siap dipakai saat diperlukan," kata Leader Quality Assurance Hankook Tire Indonesia Robby Unggul, di Cikarang, Selasa (17/9/2019).

Khusus ban serep yang ditempatkan di kolong mobil, perlu mendapatkan perawatan ekstra. Sebab, ban serep di kolong mobil bisa dengan mudah terkena cipratan lumpur atau kotoran, apalagi jika ban serep itu tidak diberi cover.



"Kotoran bisa dengan mudah menempel di bagian antara rim dengan bead (pinggir ban yang menempel ke pelek). Kalau kotoran ini mengering, maka bisa membuat celah antara pelek dan ban. Akhirnya angin gampang keluar dan membuat ban kempis," terang Robby.

Nah, maka itu bagi detikers yang memiliki mobil dengan ban serep di kolong mobil, jangan malas-malas membersihkannya ya.

Kalau mau bersih total, caranya bisa dengan melepas ban serep dulu, kemudian dicuci secara bersih. Supaya nggak kena kotoran lagi, beri cover atau sarung pada ban tersebut.

Simak Video "Menggoda... Kawasaki ZX-25R 4 Silinder Mejeng di Tokyo Motor Show"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com