ADVERTISEMENT
Selasa, 20 Agu 2019 08:41 WIB

Memilih Car Seat untuk Bayi Anda

Rizki Pratama - detikOto
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Bayi merupakan penumpang mobil yang sangat rentan terhadap berbagai situasi berkendara. Jika tidak ditangani dengan tepat mengajak bayi berkendara di atas mobil dapat menyebabkan berbagai hal buruk yang tentunya tidak diinginkan oleh orang tua.

Untuk menghindari itu, muncul car seat untuk bayi yang bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bayi di dalam mobil. Car seat sendiri sebenarnya bukan hal baru. Inovasi ini muncul pertama kali pada awal tahun 1930 namun fungsi utamanya sebagai sarana mempermudah akses orang tua kepada anak ketimbang keamanannya.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak jenis dan variasi dari car seat bayi dan sudah mempertimbangkan sisi keamanannya. Namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memilih car seat bayi yang tepat.



Pilihan car seat yang paling murah biasanya ukurannya cukup kecil. Kebanyakan yang dijual dapat dialihfungsikan sebagai kereta dorong bayi saat berada di luar mobil. Car seat seperti ini cukup untuk bayi yang usianya di bawah dua tahun. Car seat bayi seperti ini memiliki perlindungan terhadap leher, punggung dan kepala saat terjadi kecelakaan.

Selanjutnya ada convertible car seat yang dapat digunakan untuk berbagai umur. Ada banyak konfigurasi, bisa menghadap ke depan dan bisa menghadap ke belakang dari kursi mobil. Kursi ini cocok digunakan untuk anak berbobot 17-31 kg.



Setelah convertible car seat ada 3 in 1 seat. Ini merupakan evolusi dari convertible car seat bisa yang juga memiliki tambahan sebagai booster. Booster ini membuat posisi duduk anak di dalam kendaraan menjadi cukup untuk menggunakan sabuk pengaman yang ada di dalam mobil.

Demikian jenis car seat bayi pada umumnya yang tersedia di pasaran. Memilih car seat yang tepat diharapkan dapat membuat bayi Anda lebih nyaman dan aman dalam berkendara.

Simak Video "Begini Cara Menggunakan Car Seat yang Benar"
[Gambas:Video 20detik]
(rip/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com