ADVERTISEMENT
Minggu, 18 Agu 2019 14:37 WIB

Jakarta Panas? Ini Saran Cara Nyalakan AC Mobil yang Benar

Rangga Rahadiansyah - detikOto
AC mobil. Foto: SsangYong AC mobil. Foto: SsangYong
Jakarta - Mungkin detikers merasakan udara di Jakarta dan sekitarnya siang hari ini cukup panas. Selama berkendara, AC mobil menjadi solusi agar lebih nyaman. Tapi jangan salah langkah, ada cara menyalakan AC yang benar biar embusan AC tetap bikin nyaman.

Mengutip laman resmi Suzuki Indonesia, banyak kesalahan yang sering dilakukan oleh pengemudi saat menyalakan AC. Kesalahan itu adalah langsung menyalakan AC ke suhu paling dingin sesaat setelah masuk ke dalam mobil.

"Padahal yang satu ini justru akan membuat udara panas yang disirkulasi dalam kabin mobil," tulis Suzuki.



Bagaimana cara yang benar? Yang paling tepat dan efektif adalah, saat pertama kali masuk kabin mobil segera membuka pintu atau kaca terlebih dahulu. Buka kaca kurang lebih 1 menit untuk menunggu semua sistem tersambung. Dengan membuka jendela setidaknya hawa panas di dalam mobil juga bisa dikeluarkan.

Setelah itu, tutup semua pintu dan jendela, kemudian nyalakan AC sampai ke suhu paling dingin.



Kisi-kisi AC sebaiknya tidak diarahkan langsung ke pengendara. Disarankan, kisi-kisi AC diarahkan ke bagian atap supaya udara dingin lebih merata tersebar ke seluruh kabin.

"Kalau mobil sudah dilengkapi dengan pengaturan AC secara otomatis, fitur tersebut bisa kita manfaatkan. Dengan memakai sistem Auto, kabin akan tetap terasa dingin dan sirkulasi udara dari luar masih terus berlangsung sehingga kaca tidak akan tampak berembun," saran Suzuki.

Simak Video "Petualangan Terios 7 Wonders Menjelajah Surga Kolaka"
[Gambas:Video 20detik]
(rgr/lua)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com