Selasa, 09 Jul 2019 11:53 WIB

Begini Cara Irit BBM, Nggak Harus Pakai Penghemat Bahan Bakar

Luthfi Anshori - detikOto
Foto: Rachman Haryanto Foto: Rachman Haryanto
Jakarta - Menghemat konsumsi bahan bakar pada kendaraan tidak harus selalu dilakukan dengan memasang alat khusus, maupun memasukkan cairan aditif ke tangki bensin. Cara menghemat bahan bakar mobil paling ampuh adalah dengan mengubah gaya berkendara menjadi lebih efisien.

"Yang paling penting penekanan gas harus diurut dan jangan sampai rpm atau putaran mesin menggerung. Lekas pindahkan gigi percepatan, ke posisi lebih tinggi," ungkap Technical Leader Auto 2000 Tebet Supomo, Ahmad Mu'min.



Menjaga RPM mesin pada putaran yang konstan akan membuat suplai bensin ke ruang bakar jadi terjaga. "Kalau di mobil-mobil terkini biasanya sudah dilengkapi eco mode atau mode pengendaraan hemat bahan bakar yang diatur presisi oleh komputer. Biasanya ditunjukkan dengan indikator eco pada dashboard (meter kombinasi), sehingga pengendara bisa mengontrol penggunaan kendaraannya boros atau hemat," kata Mu'min.



Ditambahkan Technical Support PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi, agar mobil bisa hemat konsumsi bahan bakar, pengendara juga wajib memperhatikan kondisi bahan bakar. Pastikan sesuai rekomendasi pabrikan.

"Cek juga tekanan bahan bakar di ukuran yang ideal, jangan terlalu kurang angin atau kebanyakan angin. Hindari juga kebiasaan membuka jendela ketika mobil dikendarai, karena itu bisa menimbulkan hambatan angin. Akhirnya kerja mobil menjadi lebih berat," pungkasnya.



Simak Video "Mengulik Renault Triber yang akan Mengaspal di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]
(lua/ddn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed