Rabu, 26 Jun 2019 15:24 WIB

Bensin Oktan Tinggi Tidak Optimal Bila Mesin Kotor

Ridwan Arifin - detikOto
BBM Shell. Foto: Grandyos Zafna BBM Shell. Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Perkembangan mesin untuk kendaraan semakin modern dan ringkas, namun tetap menghasilkan output daya yang tinggi dan sering kali menggunakan teknologi baru (seperti injeksi bahan bakar langsung/direct fuel injection dan turbocharging) untuk membantu mencapai performa dan efisiensi.

Kendati demikian, Shell sebagai salah satu perusahaan minyak dan gas terbesar di dunia mengatakan tantangan terbesar yang dihadapi saat ini adalah endapan serta deposit atau gesekan yang membuat performa mesin menurun. Endapan ini terkadang sulit dibersihkan dan dapat mengurangi performa maksimal mesin.



"Mesin-mesin modern lebih besar jelaga kotorannya. Kemudian suhu kerja lebih panas, jadi mesin cenderung bekerja lebih berat membuat performa dan efisiensi menurun," ujar Fuel Scientist Shell Global, Andreas Shaefer di Jakarta, Selasa (26/06/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Andreas menjelaskan bahan bakar beroktan tinggi dirasa belum cukup untuk mengentaskan masalah.

Ia menguraikan kondisi yang lebih berat ini dapat mengakibatkan endapan yang mengurangi performa mesin, menyumbat komponen-komponen sistem bahan bakar, seperti injektor (injector noozle) dan katup masuk (inlet valve) pada mesin berbahan bakar bensin.



Salah satu formula yang ditawarkan Shell dalam hal ini adalah zat aditif tambahan yang disebut formula Dynaflex yang tersemat pada (Shell Super, Shell Regular dan Shell V-Power). Selain endapan, teknologi tersebut juga diklaim mereduksi gesekan komponen mesin, ring piston misalnya.

"Membantu membersihkan dan melindungi komponen-komponen sistem bahan bakar utama dari pembentukan endapan yang mengurangi performa mesin sehingga membantu efisiensi mesin," ujarnya.

"Ini diperlukan bersamaan antara oktan yang tinggi tapi perlu mesin yang bersih. Jadi kalau oktannya tinggi tapi mesinnya tidak bersih tidak mengeluarkan performa," kata Andreas. (riar/rgr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikoto.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed